Friday, October 26, 2012

Jelatang




Regnum          : Plantae - Tanaman
Subkingdom : Tracheobionta - tanaman Vaskular
Superdivision : Spermatophyta - tanaman Benih
Divisi              : Magnoliophyta - tanaman berbunga
Kelas              : Magnoliopsida - Dicotyledons
Subclass         : Hamamelididae
Rangka           : Urticales
Keluarga         : Urticaceae - Nettle keluarga
Marga             : Laportea Gaudich. - laportea
Spesies           : Laportea interrupta (L.) Chew

Botanis

Batang : Biasanya bunga dan buah-buahan sebagai ramuan tapi kadang-kadang mencapai ketinggian semak-semak.

Daun : Daun pisau sekitar 8-12 cm x 5-7.Tersebar rambut kaku, tidak rambut menyengat, hadir pada ranting, petioles dan kedua permukaan atas dan bawah daun pisau . Stipules filiform , berbulu.
Bunga-bunga :Inflorescence sampai 30 cm. tepal sekitar 1-1,5 mm.Pria bunga: Bunga kurang dari 1 mm diameter, pada. pedicel sekitar 1 mm.Benang sari inflexed di tunas.Serbuk sari putih.Bunga betina: Bunga sessile , ovarium sekitar 0,75 mm. Stigma dibagi menjadi tiga proses.

Buah : Kacang atau sekitar 1,25 mm achenes, panjang sessile , perianth gigih di pangkalan. Embrio sekitar 1 mm, kotiledon sekitar selebar radikula.

Bibit

Kotiledon + / - bundar , sekitar 3-5 mm diameter. sepasang Pertama daun bundar-telur/bentuk , 3-berurat, margin crenate dengan sekitar 3-6 gigi di setiap sisi.Kedua permukaan atas dan bawah daun pisau yang jarang berpakaian berbasis luas rambut menyengat.Pada tahap kesepuluh daun: daun pisau ovate , puncak acuminate , variabel dalam ukuran dengan sekitar 13-20 gigi bulat di setiap sisi.Setiap gigi berakhir dalam 1 atau 2 rambut membentuk aristate tip.Vena lateral dan pelepah tertekan pada permukaan atas.Petioles sekitar 15-25 mm. Stipules filiform namun berbasis luas, sekitar 3-5 mm, masing-masing pasangan menyatu bersama.Menit 'Minyak titik', terlihat dengan lensa.

Distribusi dan Ekologi

 
Terjadi pada NT , CYP , NEQ dan selatan sejauh tenggara Queensland.Altitudinal kisaran di Australia utara dari permukaan laut sampai 800 m.Tumbuh di hutan hujan dan semak pohon anggur.Juga terjadi di Asia, Malesia dan pulau-pulau di selatan Pasifik barat.



No comments:

Post a Comment