Saturday, October 20, 2012

Kerupuk Gendar


Kerupuk gendar
Kerupuk gendar terkadang disebut gendar saja, adalah kerupuk yang terbuat dari adonan nasi yang diberi bumbu rempah dan penambah rasa. Untuk menambah kekenyalan kadangkala ditambahkan bleng, tetapi jika tidak menggunakan bleng bisa ditambahkan tepung tapioka agar adonan mentahnya menjadi kenyal dan padat. Setelah adonan ditumbuk halus dan merata kemudian diiris tipis dan dijemur sampai kering. Kurang lebih 2-3 hari penjemuran kerupuk mentah ini bisa digoreng dan siap dihidangkan sebagai kerupuk gendar.

Proses pembuatan 

  1. Siapkan beras pandan wangi bersihkan seperti padi dan batu, lalu dicuci dengan air sampai bersih. Masuk beras kedalam kukusan, lalu ditaruh diatas kompor yang telah dinyalakan. 
  2. Buat bumbu penyedap dari : Bawang putih, merica alias sahang dan penyedap rasa dihalus menggunakan lumpang batu. Setelah nasi kukusnya setengah matang, campurkan bumbu halus dicampurkan jadi satu, tambahkan sedikit air dan tambahkan pula sesendok tepung kanji.
  3. Setelah nasinya matang, lalu diangkat ditempatkan pada baskom yang telah dilapisi plastik,  lalu ditumbuk perlahan-lahan sampai halus dan merata. Buka bungkus plastiknya.
  4. Cetak sesuai selera kita ataupun di iris-iris menggunakan pisau.
  5. Jemur sampai kering.


    Nasi putih setelah diangkat dari kukusan
     
     
     Ditumbuk perlahan-lahan agar merata
     
     
    Harus berbentuk seperti ini...


    Bungkus plastiknya dibuka


    Dicetak atau diiris-iris …


    Lalu dijemur sampe kering…


    Kerupuk Gendar telah digoreng
Sumber : http://ilikesunflower.wordpress.com

No comments:

Post a Comment