Friday, October 19, 2012

Nasi Kuning

 


Nasi kuning adalah makanan khas Indonesia. Makanan ini terbuat dari beras yang dimasak bersama dengan kunyit serta santan dan rempah-rempah. Dengan ditambahkannya bumbu-bumbu dan santan, nasi kuning memiliki rasa yang lebih gurih daripada nasi putih. Nasi kuning adalah salah satu variasi dari nasi putih yang sering digunakan sebagai tumpeng. Nasi kuning biasa disajikan dengan bermacam lauk-pauk khas Indonesia.
Dalam tradisi Indonesia warna nasi kuning melambangkan gunung emas yang bermakna kekayaan, kemakmuran serta moral yang luhur. Oleh sebab itu nasi kuning sering disajikan pada peristiwa syukuran dan peristiwa-peristiwa gembira seperti kelahiran, pernikahan dan tunangan. Dalam tradisi Bali, warna kuning adalah salah satu dari empat warna keramat yang ada, disamping putih, merah dan hitam. Nasi kuning oleh karena itu sering dijadikan sajian pada upacara kuningan

download tutorial cara memasak nasi kuning, resep membuat nasi kuning dan bahan-bahan nasi kuning

Bahan Dasar

  • 800 gram beras yang sudah dicuci bersih kemudian tiriskan
  • 1 liter santan dari 1 butir kelapa

Bumbu  :

  • 2 sendok mmakan kunyit parut
  • 2 lembar daun salam
  • 2 batang serai, geprek
  • 1 sendok makan air perasan jeruk nipis
  • Garam dan lada secukupnya.

Cara Membuat :

  1. Kukus beras yang telah dicuci bersih hingga setengah matang, angkat dan sisihkan.
  2. Didihkan santan, dan bumbu-bumbu kecuali air jeruk nipis. Setelah mendidih kemudian masukkan nasi setengah matang. Masak nasi di atas api dan terus aduk sampai santan terserap seluruhnya. Beri air jeruk nipis (supaya warna kuning lebih cerah)
  3. Setelah santan terserap habis kukus nasih hingga matang.
  4. Angkat dan taburi bawang goreng
Nah sekarang sudah jadi nasi kuningnya, tinggal pandai-pandai Anda dalam menghidangkannya, tampilan nasi kuning akan terlihat begitu menggoda apabila Anda tambahkan dengan telur dadar iris atau telur puyuh.

No comments:

Post a Comment