Thursday, October 4, 2012

Ngambek Ahi

Apa Ngambek Ahi

Ngambek akhi dalam bahasa Lubai adalah mengikuti suatu kegiatan dengan carra memberikan bantuan tenaga kepada pihak lain agar dihari yang lain orang yang kita bantu tadi akan memberikan tenaga bantuan kepada pihak kita kembali.

Bagaimna sistem Ngambek Ahi


Budaya gotong royong memang sangat kental dalam masyarakat tanah air, seperti gotong royong membangun rumah, gotong royong, membuka lahan pertanian, gotong royong menanam dan panen padi. Sistem ngambek ahi adalah suatu tradisi masyarakat Lubai yang merupakan gotong royong seperti : membabat lahan ayang akan dijadikan ladang, menebang kayu untuk dijadikan ladang dan menanam padi dalam bahasa Lubai "nugal padi" diladang. Sistem ngambek ahi adalah seperti arisan tenaga.
  

Kapan pelaksanaan Ngambek Ahi

Pelaksanaan ngambek akhi biasanya dilaksana pada saat kegiatan musim nugal, yaitu acara menanam padi di ladang dalam bahasa Lubai "ume". Nugal padi adalah kegiatan bergotong royong dengan cara melubangi tanah dengan alat tugal kemudian di isi dengan benih padi. Pada kegiatan lain biasanya kurang dilakukan sistem ngambek ahi.

Keluarga besar penulis pernah mengadakan acara "ngambek akhi nugal padi". Waktu itu keluarga kami mengadakan acara "ngambek akhi di ladang kami di Dataran Gemsuruman, desa Kurungan Jiwa, kecamatan Lubai, kabupaten Muara Enim, provinsi Sumatera Selatan. Sistem ngambek ahi seperti arisan tenaga, dalam kesempatan ini keluarga kami sebagai tuan rumah arisan mendapat giliran untuk mengundang dari orang yang mengadakan acara nugal, pada hari yang lain Ayahanda  kami mendapat undangan dari pihak lain.

No comments:

Post a Comment