Wednesday, October 17, 2012

Pisang Gadis





Pisang gadis begitulah masyarakat Lubai menyebut jenis pisang ini, namun sering juga disebut pisang Muli. Pisang ini sangat disukai untuk dikonsumsi langsung, saat santai bersama keluarga dan ketika selesai santapan nasi. Pada acara resepsi pernikahan pisang Gadis, sering dijadikan sebagai pencuci mulut.




Gambar umum


Secara sekilas pisang Muli ini, sangat mirip dengan jenis pisang Emas. Perbedaanya terletak pada ujung buahnya. Pisang Gadis sering juga disebut pisang Muli ujung buahnya lancip sedangkan pisang mas ujung buahnya tumpul. Setiap tandan terdiri dari 6-8 sisir dan setiap sisir terdiri dari 18-20 buah. Berat setiap sisir 940 gram, berat setiap buah 50 gr. Panjang buah 9 cm dan lingkar buah 10,5 cm. warna kulit buah kuning penuh dan warna daging buah putih kemerahan. Rasa buahnya manis dan aromanya harum. Pisang lampung disajikan sebagai hidangan segar. Sayangnya jenis pisang ini mudah sekali rontok dari sisirnya.

Manfaat

Dikonsumsi setelah menyantap nasi ataupun sebagai makanan disaat santai bersama keluarga. Selain dapat dikonsumi secara langsung pisang Muli dapat juga dijadik pisang cokelat? Rasanya nikmat dan tentunya sehat karena terbuat dari pisang!


Nah berikut ini adalah resep es pisang cokelat alias es picok:

Bahan-bahan yang diperlukan :
  1.     Pisang Muli (Pisang yang mungil-mungil)
  2.     Stik es krimatau bambu biar murah
  3.     2 buah coklat batangan ataupun yang serbuk 1/2 ons atau 1/2 kilo
  4.     1 bungkus Coklat Tabur warna-warni
  5.     3 Sendok Mentega
  6.     Minyak Kelapa secukupnya
  7.     Jangan lupa susu OMELA, susu khusus untuk roti dan kue

Cara Pembuatan : 
  1. Buka kulit pisang satu persatu lalu bersihkan sampai bersih, setelah itu tusuk pisang dengan stik eskrim. lalu simpan di freesher sampai keras. kira-kira selama 3 jam, 6 jam atau satu hari full..
  2.  Untuk membuat cream coklatnya, masaklah minyak kelapa di dalam panci secukupnya kira-kira 100ml, tunggu sampai minyak panas alias mendidih.
  3.  Masukkan coklat serbuk atau batangan tadi sampai meleleh
  4. Masukkan kembali 3 sendok mentega, plus susu kurang lebih stengah kaleng lalu aduk sampai rata. setelah itu angkat dan masukkan ke sebuah wadah
  5.  Apabila pisangnya sudah keras tinggal masukkan kedalam cream coklat sampai merata, lalu angkat dan taburkan dengan coklat tabur (miseseres)
  6. Selesai deh pembuatan es pisang coklatnya.
1. http://khasmajalengka.blogspot.com
2. http://rajaforum.com


No comments:

Post a Comment