Ads 468x60px



Labels

Rabu, 17 Oktober 2012

Pisang Tongkat Langit


 

Pisang Tongka Langit, adalah sebutan untuk buah pisang unik ini. Bentuk buahnya agak sedikit lebih besar dari pisang normal, dengan warna kulitnyua yang kuning keemasan dan ada juga yang kemerahan. Pisang Tongka Langit ini menjadi buah khas masyarakat Maluku, karena hanya di daerah inilah pisang ini dapat dijumpai.


Jenis pisang ini banyak ditanam di daerah maluku. Bentuknya khas dengan tandan buahnya menuju keatas. Oleh karenanya pisang ini disebut pisang tongkat langit. Warna kulit buahnya merah jingga dan warna daging buahnya putih kuning. Konon pisang ini sangat mujarab untuk menyembuhkan penyakit kuning. Berat per sisir 1.200 gram dan berat setiap buah 150 gram. Panjangnya 20 cm dan lingkar buahnya 13 cm.

Masyarakat Maluku umumnya, mengkonsumsi buah ini secara langsung, dibakar, digoreng, atau direbus. Namun buah ini juga bisa dibuat tepung pisang sehingga bisa sebagai bahan utama pembuatan kue. Buah pisang jenis ini banyak dijumpai di Ambon, Saparua, Haruku, Nusalaut dan Seram. Tanaman Pisang Tongka Langit umumnya tumbuh baik pada tanah dengan tekstur pasir dan liat.

Pisang tongka langit juga bisa dijadikan tepung pisang, yang digunakan untuk membuat kue atau sebagai pengganti nasi dan sagu oleh masyarakat Maluku. Untuk bisa mencicipi pisangtongka langit, sayangnya Anda harus berkunjung ke tanah Maluku karena sampai saat ini pisang tongka langit hanya bisa tumbuh di daerah tersebut.

0 komentar:

Poskan Komentar

 

Dangdut Bahi

Loading...

Wali Band

Loading...

Artikel Blog

Dangdut RGS

Loading...

Dangdut Palapa

Loading...

Selamat Datang

Terima Kasih telah berkunjung di Blog Forkum Lubers "Sebase Seanengan"

Prayer Times

Daftar pengikut

Ragam Mengobrol

Dangdut Monata

Loading...

Dangdut Metro

Loading...

Tulisan Forkum Lubers