Thursday, October 18, 2012

Terung Belanda


 

Terung belanda atau terong belanda adalah jenis tanaman anggota keluarga terung-terungan (Solanaceae) yang mulai di kembangkan di Bogor Jawa Barat sejak tahun 1941.Di Indonesia terung ini mungkin pertama kali dibawa dan dikembangkan di Indonesia oleh orang Belanda pada waktu itu sehingga dikenal dengan nama terung belanda, padahal buah tersebut berasal dari daerah Amazon di Amerika Latin.

Morfologi

Terung belanda memiliki ciri-ciri bau seperti lembu kutub, panjang tangkai daunnya mencapai 7-10 cm. Bunga terung belanda berada dalam rangkaian kecil di ketiak daun, dekat ujung cabang, berwarna merah jambu sampai biru muda, harum, berdiameter kira-kira 1 cm.
Ciri lain dari tanaman terung belanda juga dapat dilihat dari bagian-bagian bunga yang berbilangan lima, daun mahkota berbentuk genta, bercuping lima, benang sari 5 utas, berada di depan daun mahkota, kepala sari tersembunyi dalam runjung yang bertentangan dengan putik, bakal buah beruang dua, dengan banyak bakal biji, dan kepala putik yang kecil. Buah terung belanda berbentuk bulat telur sungsang atau bulat telur, berukuran 3-10 cm x 3-5 cm, meruncing ke dua ujungnya, bergelantungan, bertangkai panjang, daun kelopaknya tidak rontok. Kulit buah tipis, licin, berwarna lembayung kemerah-merahan, merah jingga sampai kekuning-kuningan, daging buahnya mengandung banyak sari buah, agak asam, berwarna kehitam-hitaman sampai kekuningkuningan. Bijinya bulat pipih, tipis, dan keras.

Manfaat

Buah terung belanda multifungsi
Buah terung belanda ini dimanfaatkan dengan cara dimakan sebagai buah segar, untuk bumbu masak, sayuran dan minuman. Terung belanda mengandung provitamin A yang baik untuk kesehatan mata dan vitamin C untuk mengobati sariawan, panas dalam dan meningkatkan daya tahan tubuh. Terung Belanda mengandung antosianin yang termasuk kedalam golongan flavonoid yang merupakan salah satu jenis antioksidan, serat yang tinggi di dalam buahnya bermanfaat untuk mencegah kanker dan sembelit.

Sumber : wikipedia.id.org


Terung Belanda dibuat jus.
  1. 6 buah terong belanda pisahkan dari kulitnya (biar mudah remas-remas dulu ditangan biar kulitnya mudah lepas dari daging buahnya)
  2. satu buah jeruk manis, peras, ambil airnya
  3. satu sendok madu
  4. es batu secukupnya
  5. air mineral setengah gelas biar tidak terlalu kental.
Blender semua bahan sampai halus, saring biar biji yang tidak halus terpisah.
Cara menghidangkan : Tuang  ke gelas saji, boleh ditambah susu bagi yang suka, minum dalam keadaan dingin. (untuk 3 porsi).

Terong belanda ini juga kaya manfaat :
  1. Kaya provitamin A, bagus untuk kesehatan mata.
  2. Kaya vitamin C, bagus untuk mengobati sariawan dan meningkatkan daya tahan tubuh.
  3. Kaya mineral seperti potasium, fosfor dan magnesium yang baik untuk tubuh.
  4. Kaya serat, bermanfaat untuk mencegah kanker dan sembelit.
  5. Mengandung antosianin, termasuk kedalam golongan flavonoid yang merupakan salah satu jenis antioksidan.


No comments:

Post a Comment