Wednesday, November 7, 2012

Pohon Nyatoh


Nyatoh ( Palaquium spp.


Nyatoh ( Palaquium spp . ) termasuk kelompok jenis kayu perdagangan dari suku Sapotaceae . Di Indonesia terdapat sekitar 48 jenis dengan daerah persebaran dari Sumatra hingga Papua dan tumbuh di hutan dataran rendah hingga dataran tinggi mencapai ketinggian 1100 m dpl. Banyak jenis tumbuh di dataran rendah serta di hutan rawa air tawar dan hutan rawa gambut, kadang sepanjang sungai, jarang tumbuh di dataran tinggi (van Royen, 1960). 

Pada umumnya kayu nyatoh dimanfaatkan sebagai konstruksi rumah, bahan perahu, perabot rumah, pintu berukir, venir dan panel. Selain itu buah dan biji dapat dimakan, bijinya dapat untuk membuat minyak goreng atau minyak padat, mentega, sabun dan minyak lampu penerang; getahnya disebut getah perca digunakan untuk bahan membuat bola golf, isolasi kabel listrik, pembalut pipa, dan untuk melindungi luka (Uhaedi, Kalima dan Purnadjaya, 1998). 

Di antara jenis nyatoh tersebut, ada yang memiliki kayu bercorak indah sehingga dipakai untuk kayu lapis indah dan alat musik. Bahkan bisa menggantikan kayu sapele ( Entandrophragma cylindricum ) yang diimpor dari Afrika. 

Banyaknya jumlah jenis nyatoh dan diduga beberapa jenis di antaranya ( belum diketahui ketepatan nama botanisnya ) mempunyai kayu bercorak indah, maka sebagai tahap awal dalam kegiatan penelitian dan pengembangannya diprioritaskan pada jenis yang bermanfaat baik kayu maupun hasil bukan kayu seperti : Palaquium rostratum (Miq.) Burck. 

 Nyatoh Plantation
 
 Nyatoh Hardwood

 Pengenalan

  • Kayu:Kayu dari spp Palaquium. biasanya mudah untuk bekerja meskipun silika dalam spesies yang lebih berat dapat menyebabkan kesulitan dan karena berbagai spesies perawatan harus diambil ketika pengeringan untuk menghindari pemisahan akhir. Ini kuku dengan baik dan mengambil lem tapi kadang-kadang menunjukkan tanda membakar ketika sedang berubah atau diampelas dan sehingga perawatan dianjurkan. 
  • Teras kayu ungu-merah muda sampai merah-coklat dengan gubal jauh lebih ringan biasanya cukup lebar dan sangat mudah untuk membedakan dan meskipun rentan terhadap hama penggerek lyctid itu jarang diserang.
  • Tekstur menengah sampai kasar dan bahkan dengan gandum lurus atau bergelombang dan kadang-kadang sedikit saling bertautan. Ketika baru dipotong kayu biasanya memiliki bau yang tidak menyenangkan sering disebut sebagai asam.
  • Nama umum lainnya: Bauvudi (Fiji pulau), Nato (Filipina), Njatuh (Indonesia), Jangkar (Sarawak). Ini adalah pengelompokan komersial spesies yang sebagian besar beratnya 38-45 PCF udara kering.
  • Distribusi: Luas didistribusikan dari India melalui Asia Tenggara ke Filipina, Papua Nugini, dan Kepulauan Pasifik Barat.
  • Pohon: Seringkali 100 ft atau lebih tinggi; diameter batang hingga 3 ft, batang mungkin bergalur. 
  • Karakteristik Umum:Pohon Nyatoh bervariasi dari merah muda pucat hingga merah coklat atau ungu coklat; gubal ringan dalam warna, tidak tajam didefinisikan. Grain langsung ke bertautan dangkal, tekstur cukup baik, bahkan, memiliki bau asam ketika baru digiling, kadang-kadang menunjukkan moire atau menarik "sutra disiram" Angka.
  • Berat: Berat jenis dasar (berat ovendry / volume hijau) bervariasi dengan spesies tetapi pengelompokan komersial sebagian besar 0,50-0,60, udara kering kerapatan 38-45 PCF. Mechanical Properties: (2-in standar.). Kadar air bending kekuatan Modulus elastisitas kekuatan maksimum menghancurkan(%) (Psi) (1.000 psi) (Psi)14% (11) 14.445 1.965 7.62517% (11) 10.050 1.480 4.040. Janka sisi kekerasan 840 sampai £ 1.195 untuk udara kering bahan.
  • Pengeringan dan penyusutan: Dilaporkan kering agak lambat tetapi dengan beberapa kecenderungan untuk mengakhiri perpecahan dan warp. Kiln jadwal T6-D2 disarankan untuk 4/4 saham dan T3-D1 untuk 8/4. Penyusutan hijau ke udara kering: radial 1,3-3,0%, 2,3-4,0% tangensial.
  • Pekerjaan Properties: Spesies Nonsiliceous melihat dengan mudah dan berpakaian dengan permukaan halus, ada beberapa penumpukan karet di pemotong. Spesies dengan silika sangat kasar dan sulit untuk melihat dengan peralatan pabrik standar.
  • Pelestarian: Heartwood sangat resisten terhadap pengobatan pengawet, gubal dapat diobati.Penggunaan: Furniture, tukang kayu interior, kayu lapis, kayu utilitas umum. Kulit adalah laticiferous dan beberapa spesies yang bekerja untuk menghasilkan getah perca.

No comments:

Post a Comment