Tuesday, December 11, 2012

Kacang Tunggak

Kacang tunggak (Vigna unguiculata subsp. unguiculata Walp. atau Vigna unguiculata (L.) Walp. kelompok kultivar Unguiculata, periksa status nama ilmiah dan sinonim) merupakan tanaman kacang-kacangan asal Africa (kelompok kultivar Unguiculata) dan asal India dan Asia Tenggara (kelompok kultivar Biflora). Kacang tunggak kini dibudidayakan secara luas secara luas di seluruh daerah tropis dan
subtropis, terutama di Afrika, Asia, terutama di India, Australia, Karibia, Amerika Serikat bagian Selatan. Nama bahasa Inggris kacang tunggak adalah common copea, black-eye bean, dan southern pea (kelompok kultivar Unguiculata), catjang copea, sowpea (kelompok kultivar Biflora). Di Timor dibudidayakan secara tumpangsari dengan jagung bersama-sama dengan kacang nasi (Vigna umbellata).

Tumbuhan tahunan melata, memanjat, tegak hingga agak tegak, dengan sistem perakaran yang berkembang dengan baik. Batang lebih atau kurang bersegi, dengan buku biasanya berwarna ungu. Daun penumpu jelas terlihat, berbentuk bundar telur, menempel. Daun berseling, berhelai daun tiga (trifoliat), dua daun pertama berhadapan, tidak simetris. Daun yang teratas simetris berbentuk bundar telur, kadang-kadang bercuping dangkal. Perbungaan tandan, di ketiak, beberapa bunga yang berkelompok dekat puncak. Polong agak menggantung atau tegak, bentuk memita dengan panjang 7.5-30 cm. Bentuk dan ukuran biji bervariasi, berbentuk bulat melonjong, dengan panjang 3-6 mm, warna beragam. Kelompok Unguiculata tumbuh tegak atau melilit dengan cabang memencar, panjang polong 10-30 cm, panjang biji 6-10 mm. Kelompok kultivar tumbuh tegak atau melilit dengan cabang memencar, panjang polong 7,5-12 cm, panjang biji 3-6 mm.

Kacang tunggak dimanfaatkan terutama biji keringnya untuk dimasak bersama dengan jagung dan bahan sayuran lain. Polong muda dan pucuknya juga dapat digunakan sebagai bahan sayur. Tanaman kacang tunggak juga dapat dibudidayakan sebagai penutup tanah dan pupuk hijau.

Tanaman kacang tunggak dengan polong yang mulai mengering
Tanaman kacang tunggak mulai berbunga

Bunga kacang tunggak belum mekar
Bunga kacang tunggak mekar
Polong kacang tunggak
Biji kacang tunggak kelompok kultivar Biflora
Biji kacang tunggak kelompok kultivar Biflora
Berbagai warna biji kacang tunggak kelompok kultivar Unguiculata
Tanaman Sekerabat:

Vigna unguiculata (L.) Walp. kelompok kultivar Melanophthalmus, asal Afrika Barat, polong berbiji relatif sedikit, kulit biji tipis, biji agak mengerut, putih sebagian.
Vigna unguiculata (L.) Walp. kelompok kultivar Textilis, kelompok dengan anggota terbatas asal Nigeria, dibudidayakan untuk memperoleh serat dari tangkai polongnya, dibudidayakan di kawasan delta bagian hulu sungai Niger ke arah Barat sampai lembah Danau Chad.
Vigna unguiculata (L.) Walp. kelompok kultivar Sesquipedalis, dibudidayakan untuk memperoleh polong muda, tanaman memanjat, batang dapat mencapai panjang 4 m, panjang polong 30-120 cm, jarak antar biji dalam polong renggang, merupakan tanaman sayuran penting di Asia Tenggara, dikenal dengan nama kacang panjang (bahasa Indonesia) atau yard long bean atau asparagus bean (bahasa Inggris)
Tanaman kacang panjang dengan ajir
Tanaman kacang panjang dengan polong
Polong kacang panjang
Polong kacang panjang berwarna merah




Sumber : http://tanamankampung.blogspot.com

No comments:

Post a Comment