Wednesday, December 5, 2012

Resep keripik Tempe

Kripik tempe renyah

Keripik tempe atau Kripik Tempe merupakan Makanan gurih dan renyah yang dibuat dari tempe tipis yang dicelupkan adonan tepung kemudian digoreng garing. Keripik tempe dikenal diberbagai daerah di indonesia seperti Keripik tempe bandung, kripik tempe malang dan Kripik tempe banyumas. Rasanya gurih dan renyah, cocok sekali buat cemilan bahkan lauk pauk. Apalagi kandungan protein yang ada pada kedelai sebagi bahan utama membuat kripik banyak mengandung protein sehingga keripik tempe baik untuk dikonsumsi.

Kripik tempe sebagai oleh oleh biasa ditemukan di tempat tempat wisata sampai toko oleh oleh. Selain itu keripik tempe juga di jual di warung warung sampai pasar tradisional. Memang keripik tempe ini sangat merakyat dan disukai semua kalangan.Keripik tempe dapat bertahan cukup lama serta cara pembuatan keripik tempe juga relatif mudah. Sehingga Usaha keripik tempe ini pun berkembang dan menjadi lahan bisnis yang cukup menguntungkan. Kripik tempe banyak di produksi oleh industri rumahan.

Meskipun mudah dibuat, supaya hasil kripik tempe tetap gurih dan renyah, dalam pembuatannya perlu kebersihan dan ketelitian. Pemilihan bahan baku kripik tempe yang baik menjadi kunci sukses agar kualitas keripik bisa maksimal. Minyak untuk menggoreng haruslah minyak baru, sebaiknya tempe diiris ketika kita akan menggorengnya saja, karena jamur tempe dapat berkembang cepat jika dibiarkan lama yang mengakibatkan keripik tempe kurang gurih.

Cara membuat keripik tempe hampir sama dengan cara membuat tempe mendoan atau tempe selimut. Namun jenis tempe dan cara menggorengnya yang berbeda. Bumbu keripik tempe juga lebih sedikit dan sederhana. Untuk lebih jelasnya berikut resep cara membuat keripik tempe renyah.

Bahan 

  • 5 kg Tempe ( Iris tipis )
  • 0,5 kg Tepung beras
  • 1 kg Minyak goreng / Minyak kelapa
  • 1/2 sdm Ketumbar
  • 5 gram Kemiri
  • 3 siung Bawang putih
  • Kapur sirih secukupnya
  • Santan secukupnya
  • Garam secukupnya

Cara membuat 

  1. Gerus bumbu ketumbar, bawang putih dan kemiri sampai halus
  2. Campurkan tepung beras dengan kapur sirih kedalam baskom kemudian tambahkan bumbu yang telah dihaluskan, aduk sampai rata tambahkan sedikit garam.
  3. Selanjutnya masukan santan sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga tercipta adonan yang encer.
  4. Celupkan tempe yang diiris tipis kedalam adonan. Kemudian goreng pada minyak panas sampai matang dan kering. Angkat dan tiriskan.
  5. Biarkan dingin, Simpan keripik tempe dalam plastik atau toples kedap udara agar lebih tahan lama.
Tidak terlalu sulit bukan membuat keripik tempe ini, anda bisa mencobanya sendiri dirumah dan siapa tahu bisa menjadi peluang usaha anda. Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment