Wednesday, December 5, 2012

Resep kue gomblong

resep Kue gemblong ketan

Kue ini bernama gemblong, pertama dengar nama kue gemblong memang sedikit asing dan lucu. Awalnya Kue ini saya kira combro yang dilapisi dengan gula namun ternyata bukan. Gemblong termasuk jenis Jajanan pasar yang mudah kita jumpai di pasar pasar tradisional terutama di jawa.

Cara buat gemblong cukup mudah, kue gemblong dibuat menggunakan tepung ketan yang dibuat adonan kemudian digoreng. Tepung ketan yang digunakan bisa menggunakan tepung ketan putih untuk membuat gemblong ketan putih serta dapat pula menggunakan ketan hitam untuk membuat gemblong ketan hitam. Selain menggunakan beras ketan gemblong ada juga yang dibuat dari tepung singkong.

Jajanan tradisonal yang satu ini memang unik dan khas. Rasa kue gemblong ketan legit dan manis, tak seperti bentuknya, Gemblong ternyata juga empuk rasanya serta mengenyangkan bisa menjadi pengganjal perut yang sedang keroncongan. Jika anda ingin membuat kue gemblong ketan hitam berikut resep yang bisa anda coba.

Bahan 

  • Tepung ketan hitam 150 gram
  • Ketan putih 150 gram tepung
  • Kelapa parut kering 75 gram
  • Garam 1 sdt
  • Air jeruk nipis 1 sdt ( selera )
  • Santan hangat 200 ml
  • Minyak goreng untuk menggoreng.
Lapisan 
  • 75 gram gula pasir
  • 2 sdm air

Cara Membuat

  1. Campurkan tepung ketan hitam dan ketan putih, kelapa parut dan garam lalu aduk rata.
  2. Masukkan santan hangat serta air jeruk nipis, aduk rata hingga adonan bisa dibentuk.
  3. Ambil adonan sebanyak 1 sdm, menggunakan selembar plastik, pulungi adonan agar bentuknya menjadi oval. Lakukan hingga semua adonan habis sisihkan.
  4. Siapkan minyak dengan panas sedang,goreng adonan kue gemblong hingga kue mengapung dan matang, angkat lalu tiriskan.
  5. Panaskan gula diatas api sedang tambahkan air, masak sampai kental dan mengeluarkan buih, masukkan kue gemblong, aduk rata sampai permukaan kue gemblong tertutup gula.
  6. Biarkan agar gula mengeras dan melekat pada kue gemblong angkat dan siap disajikan. 
Mari kita lestarikan kue gemblong agar kue gemblong tetap dapat dinikmati sampai kapanpun. Kue tradisional ini bisa menjadi alternatif anda yang ingin membuat jajanan sehat untuk anak dan keluarga karena kue gemblong dibuat dari bahan dan cara yang tradisional. Selamat mencoba resep kue gemblong ketan hitam dan semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment