Tuesday, December 4, 2012

Resep lepat jagung

Kue Jagung Lepet padat

Lepet jagung merupakan makanan olahan dari jagung yang diparut dan dibungkus menggunakan kulit jagung yang khas. Kue lepet jagung memiliki tekstur lembut dan kenyal dengan harum aroma jagung manis. Kue jagung ini merupakan salah satu jajanan tradional khas Jawa Timur walaupun diberbagai daerah di indonesia juga ditemukan kue serupa. Kue ini cukup mengenyangkan untuk sekedar menunda lapar sehingga cocok dijadikan cemilan.

Pertama saya mengenal kue lepet jagung saya kira lepet ketan jadi saya tidak terlalu tertarik. Ketika dibuka ternyata isinya lembut dan bau jagungnya sangat terasa. Soal rasa, sungguh fantastik dan membuat ketagihan, ternyata kue lepet jagung berbeda dengan jenis lepet lain yang pernah saya coba seperti lepet pisang maupun lepet ketan. Rasanya mirip dengan kue talam jagung namun lebih lembut. Kue lepet jagung dapat bertahan lama jika dimasukan dalam lemari pendingin dan lebih enak dinikmati setelah keluar dari lemari es. Lepet bisa menjadi makanan ringan yang baik untuk dikonsumsi karena terbuat dari bahan alami sehingga baik juga untuk anak.

Cara Membuat lepet jagung sebenarnya cukup mudah, hanya saja memang untuk membungkus lepet perlu sedikit kreatifitas dan kesabaran agar lepet lebih menarik. Untuk lebih jelasnya berikut resep membuat kue lepet jagung.

Bahan 

  • jagung manis 250 gram (parut, sisihkan kulitnya)
  • gula pasir 35 gram
  • elapa parut 25 gram k
  • tepung maizena 25 gram
  • 50 ml santan kental
  • vanili bubuk 2 sdt
  • garam 2 sdt

Cara membuat 

  1. Campurkan Jagung manis parut, tepung maizena, kelapa parut, gula pasir, vanili, santan kental dan garam jadi satu untuk membuat adonan lepet. Aduk sampai rata.
  2. Ambil satu lembar kulit jagung, kemudian isi dengan 1 atau 2 sendok teh adonan lepet lalu bungkus dengan rapi dan padat, ikat menggunakan benang, tali bambu.
  3. Rebus lepet jagung selama 20 menit hingga kue lepet matang. Pastikan saat proses merebus lepet jagung terendam air. Jika air berkurang, Namun Lepet jagung belum matang, tambah dengan air yang mendidih untuk melanjutkan proses perebusan.
  4. Angkat lepet jagung dari rebusan kemudian tiriskan dengan cara digantung. Jangan lupa rapikan dan bersihkan lepet jagung agar lebih menarik. Lepet jagung padat enak dan mantep siap dinikmati.
Selamat mencoba resep kue lepet dirumah, semoga bermanfaat. Jika anda ingin membuat resep makanan olahan jagung yang lain mungkin membuat puding jagung bisa anda coba juga.

No comments:

Post a Comment