Wednesday, December 4, 2013

Balam Yayasan

Balam Yayasan..............

Dami diperhatikan, banyak nian gune batang balam untok kehidupan menesie. Batang nye.........kalu lah besak pacak ditakok, buleh getah...............di jualkan pacak jadi duet. Dahan nye ye patah mantak di ijak kan Kehe atau di jambati leh simpai, di tetak-tetak ..................pacak di buat puntung api. Daun nye ye guguh mantak lah tue/ keheng.....................pacak dibuat sudu (semacam sendok), untok ngalerkan getah ke cangker ( biasenye terbuat dari sayak ni'oh) supaye dek melancuh ketanah. Segaretnye ye lah keheng (sejenis karet ) bekas getah yang mengalir di Pelat, pacak di buat untok ngidupkan api. Zaman dulu soal nye nanak / nggulai biasenye makai kayu (base lubai puntung)

Buah / buhak nye kalu lah tue ( ngeletek diwek) di pungoti untok : Dijadikan Bibet ( ditanam kembali), Diawetkan ( dibuat sebangse lok pekasam ikan) uji jeme lubai dikatekan Kedui, Dipakai untok bema'en leh budak-budak, seperti Maen Lupes, Sepidakan ( ngadu buhak balam, uman sape ye pecah...........biasenye di anggap kalah)

Dulu...................kalu nak mbuat kebun balam memang benah-benah sare/sulet.Disampeng banyak mahe / penyaket seperti Babi, Simpai, Cingkuk dan sebagai nye, bibet balam juge belum ade jualan nye. Pembibitan dilakukan dengan jalan mutehi buhak balam ye lah ngeletek (tue) dari kebun-kebun yang sudah ada.Karena itu lah sering kali jeme lubai mencari / mungoti buhak balam yang berasal dari kebun Jeme laen, ye mane batang balam nye di anggap temasok kelompok Balam Begetah.Batang balam biase nye be buah seta'un sekali.

Salah satu kebun balam ye temasok kelompok Batang balam begetah yaitu kebun balam Pasirah Kowi jeme gunong raje ye terletak di Talang Tebat ( suatu lokasi/ tempat di jalan lintas yang menghubungkan Desa Gunung Raja lubai dengan desa Baru Lubai kala itu).Kebun balam itu terkenal dengan sebutan Kebun Balam Yayasan.Balam Yayasan menuhut cerite dari mulut kemulut merupakan salah satu kelompok / Jenis batang balam ye paleng begatah untuk ukuran jeme lubai waktu itu.

Karena itu ketika musim ( dalam base lubai Uyangan) Buhak Balam datang, kebun balam Pasirah kowi tersebut sering rami di kunjungi oleh masyarakat yang ingin mutehi buhak balam tersebut untok dijadikan bibet.

Seiring dengan kemajuan zaman, sa'at ini Masyarakat daerah lubai ,mungken lah jarang atau bahkan dek ngatek lagi jeme behayau buhak balam.
Begitu juge dengan kwalitas Balam Yayasan (ye dulu ni di anggap balam paleng begetah), sekarang mungken sudah ja'oh ketinggalan dibandengkan dengan bibet balam Tempelan yang biase digunakan oleh Jeme lubai sa'at ini..

Apa pun keada'an yang terjadi sa'at ini dalam masalah pembudidaya'an Karet sebagai mata pencarian sebagian besar Masyarakat didaerah Lubai, namun tentunya kita semua juga tetap harus mengharga'i / meng hormati Almahum Pasirah Kowi sebagai salah se seorang Pelopor pengembang biakan Balam Yayasan, khususnya didesa Gunung Raja dan Desa Baru Lubai kala itu.
Semoga "Amala ibadah Almarhum" di terima oleh Allah Swt, baik atas jasa Beliau sebagai Pasirah Kepala Marga Lubai suku satu, mau pun sebagai pelopor pengembang biakan Balam Yayasan.


Kepada anak-anak Almahum Pasirah Kowi, saya mohon ma'af kalau dalam tulisan diatas ada kata-kata atau istilah yang menurut kalian tidak benar. Khusunya kepada Putri-putri Almarhum yang dulu kalau tidak salah sering ketemu (ketika masih bujang gades) seperti : Mulyana, Anna Maria, Hosiah

No comments:

Post a Comment