Ads 468x60px



Labels

Sabtu, 11 Januari 2014

Ilmu laksana Intan

Dimanapun ilmu, dia adalah intan berlian, sekalipun dalam kubangan kotoran, dia tetaplah intan berlian, yang jika kau jual, harganya sungguh tak ternilaikan...

Rabu, 04 Desember 2013

Balam Yayasan

Balam Yayasan..............

Dami diperhatikan, banyak nian gune batang balam untok kehidupan menesie. Batang nye.........kalu lah besak pacak ditakok, buleh getah...............di jualkan pacak jadi duet. Dahan nye ye patah mantak di ijak kan Kehe atau di jambati leh simpai, di tetak-tetak ..................pacak di buat puntung api. Daun nye ye guguh mantak lah tue/ keheng.....................pacak dibuat sudu (semacam sendok), untok ngalerkan getah ke cangker ( biasenye terbuat dari sayak ni'oh) supaye dek melancuh ketanah. Segaretnye ye lah keheng (sejenis karet ) bekas getah yang mengalir di Pelat, pacak di buat untok ngidupkan api. Zaman dulu soal nye nanak / nggulai biasenye makai kayu (base lubai puntung)

Buah / buhak nye kalu lah tue ( ngeletek diwek) di pungoti untok : Dijadikan Bibet ( ditanam kembali), Diawetkan ( dibuat sebangse lok pekasam ikan) uji jeme lubai dikatekan Kedui, Dipakai untok bema'en leh budak-budak, seperti Maen Lupes, Sepidakan ( ngadu buhak balam, uman sape ye pecah...........biasenye di anggap kalah)

Dulu...................kalu nak mbuat kebun balam memang benah-benah sare/sulet.Disampeng banyak mahe / penyaket seperti Babi, Simpai, Cingkuk dan sebagai nye, bibet balam juge belum ade jualan nye. Pembibitan dilakukan dengan jalan mutehi buhak balam ye lah ngeletek (tue) dari kebun-kebun yang sudah ada.Karena itu lah sering kali jeme lubai mencari / mungoti buhak balam yang berasal dari kebun Jeme laen, ye mane batang balam nye di anggap temasok kelompok Balam Begetah.Batang balam biase nye be buah seta'un sekali.

Salah satu kebun balam ye temasok kelompok Batang balam begetah yaitu kebun balam Pasirah Kowi jeme gunong raje ye terletak di Talang Tebat ( suatu lokasi/ tempat di jalan lintas yang menghubungkan Desa Gunung Raja lubai dengan desa Baru Lubai kala itu).Kebun balam itu terkenal dengan sebutan Kebun Balam Yayasan.Balam Yayasan menuhut cerite dari mulut kemulut merupakan salah satu kelompok / Jenis batang balam ye paleng begatah untuk ukuran jeme lubai waktu itu.

Karena itu ketika musim ( dalam base lubai Uyangan) Buhak Balam datang, kebun balam Pasirah kowi tersebut sering rami di kunjungi oleh masyarakat yang ingin mutehi buhak balam tersebut untok dijadikan bibet.

Seiring dengan kemajuan zaman, sa'at ini Masyarakat daerah lubai ,mungken lah jarang atau bahkan dek ngatek lagi jeme behayau buhak balam.
Begitu juge dengan kwalitas Balam Yayasan (ye dulu ni di anggap balam paleng begetah), sekarang mungken sudah ja'oh ketinggalan dibandengkan dengan bibet balam Tempelan yang biase digunakan oleh Jeme lubai sa'at ini..

Apa pun keada'an yang terjadi sa'at ini dalam masalah pembudidaya'an Karet sebagai mata pencarian sebagian besar Masyarakat didaerah Lubai, namun tentunya kita semua juga tetap harus mengharga'i / meng hormati Almahum Pasirah Kowi sebagai salah se seorang Pelopor pengembang biakan Balam Yayasan, khususnya didesa Gunung Raja dan Desa Baru Lubai kala itu.
Semoga "Amala ibadah Almarhum" di terima oleh Allah Swt, baik atas jasa Beliau sebagai Pasirah Kepala Marga Lubai suku satu, mau pun sebagai pelopor pengembang biakan Balam Yayasan.


Kepada anak-anak Almahum Pasirah Kowi, saya mohon ma'af kalau dalam tulisan diatas ada kata-kata atau istilah yang menurut kalian tidak benar. Khusunya kepada Putri-putri Almarhum yang dulu kalau tidak salah sering ketemu (ketika masih bujang gades) seperti : Mulyana, Anna Maria, Hosiah

Ngape Tinggalkan Aku

Ngape Tinggalkan Aku... 
Memang benah, jeme lubai diera taun 70 an jarang ye pegi merantau. Soalnye idup didusun zaman itu, pecaknye memang menyenangkan. Rasa kebersama'an, hase kekeluarge'an maseh sangat kental. Hal tersebut dapat menutupi kekurangan yang terjadi disektor mate pencari'an dari masyarakat itu sendiri. Misal nye dek ngatek rempahan gulai, muteh tehung sebuhak due di ume jeme ye kite lalu'i nai nakok dek de kan jadi hal. Kele kebile ahi tegah jeme tuan nye tinggal ngumong ba'i

Jeme ye pegi merantau waktu itu lebeh banyak didominasi leh Bujang. Bujang-bujang ini pegi ninggal kan dusun dengan alasan macam-macam :
  • Ade ye merantau nak nyakah ilmu ( sekolah/ ngaji)
  • Ade juge ye pegi ninggalkan dusun, mantak dek kawe nakok.
  • Kadang tu ade juge ye lahi nai dusun mantak kecek ati.
Bujang ye pegi merantau mantak kecek ati biasenye menyangkut masalah pribadi dari bujang tersebut. Misalnye Si Bujang lah bekendak (betepak) ke gades, entah pedie hal nye rasan itu laju urung

Suatu ketika adelah sorang Bujang bername Si Pulan ye waktu itu tinggal diwek'an didusun. Kebetulan si Pulan ini disampeng hidup sebagai Yatem Piatu, die juge dek ngatek pekakangan ngan pehadengan. Cuman si Pulan ini didusun dikatekan jeme temasok Jeme Neman (galak begawi). Jadi enggoh die idup suhang, banyak juge Gades linjang ngan die. Didusun keluarge dekat si Pulan cuman ade Pemamak'an ngan Pe ibungan nai sebelah umaknye. Jeme hang due itu kadang2 langgok juge ngan Si Bujang

Diam-diam si Bujang hupenye jatuh cinte ngan seorang gades didusun itulah, kalu dek salah namenye Si Eneng.Si Eneng ini taunye jeme nye calak. Nganeng si Bujang galak ngan die, Si Eneng gancang2 minte bukti. Mbak selijok betepeklah si Bujang. Barang ye di titepkan itu berupe selembar siwet panjang peninggalan almarhumah Umaknye ngan Sebilah Kehes bahi Pesake Ebaknye. 
Mulak'i nai sane si Bujang ini harus ngikuti adat istiadat dusun.Musem nebang, ngule nebang, musem ngandang, milu ngandang..................pukok nye pedie ba'i pengawian di humah si Eneng, si Pulan selalu tampel didepan.Entah kebile rasa kan laju, pukok nye mbak uji peranggohan jeme dusun tu lah pakam ni'an (kecuali ajal ba'i ye pacak ngurungkan nye)

Malang dek pacak di tulak....................Seorang pemuda pendatang, yang berstatus sebagai Mahasiswa KKN dari salah perguruan tinggi di desa tersebut telah merubah arah jalan pikirian si Eneng. Si Eneng sebagai salah se orang pengurus karang taruna, tentu saja gampang untuk mengenal lebih dekat pemuda pendatang tersebut. Namun mereka sama sekali tidak menampakan adanya hubungan istimewa (Pecak lok bekelinjangan mak itu) dihadapan muda mudi desa tersebut. Hal ini lah yang membuat Si Pulan tidak curiga dengan si Eneng. Sampai akhirnya masa KKN selesai, hubungan antara si Eneng dan Pemuda itu kelihatanya hanya biasa2 saja.

Untung dek pacak diraih.............................
Tige tahun kemudian Si Eneng di bawe jeme tuenye ke kota untok menghaderi pesta perkawenan keluarga. Anehnye ......enggoh lah be kendak, si Pulan dek de di ajak'i. Malah si Pulan di ajung temalam ke ume ebaknye si Eneng untok nunggu'i kebun mengale supaye dek de dimakan babi. Namun alangkah tekejutnye Si Pulan, sebab waktu Umak ngan Ebak si Eneng balek nai kota..............si Eneng dek milu balek ke dusun.
Si Pulan cuman dikihemi selembar surat ye isinye kire2 mak ini:
Kang aku minte ma'af.................... Rasan kite lah urung, sebab aku mak ini lah maleng lahi ngan bujang ye KKN di dusun kite dulu ni.Siwet ngan kehes mon kakang endaknye, ambek ngan umak. Terimekaseh...........selame ini kakang lah sare ngule. Salam hormat nai aku...............Si Eneng.
Dek miker due kali si Pulan langsung mentali pakaian, lahi ninggal kan dusun. Singkat cerite ................beberapa taun kemudian si Pulan ngihem surat ke Pemamak'an ngan Pe Ibungan nye didusun. Die nyeritekan keada'an nye mak ini ahi dirantau. Si Pulan juge Nitep pesan ke Ebak ngan Umak si Eneng. Isi pesannye Tulung Enjok kan kehes duluni ke Pemamak'an nye, sedangkan siwet mon giade enjokan ke Pe Ibungan nye. Di Bagaian akher dari surat tersebut ,si Pulan nules pantun ye baeknye sebagai berikut :

Makmak .........oi Makmak
Tulung Naseb ku.............
Ibung .............oi Ibung
Tulung Nasebku..............

Didusun di tinggal Kundang.........
Dirantau ampe melayang............
Dek ngatek badah begantung......
Denie lok kan umbang................

Kepale Stasiun PGG

Pak Marsudi..............Kepale Tasiun Sepur Pagar Gunong sering juga disingkat dengan PGG, ye baek ati. Ini lah name-name Sepur ye galak lalu / melintasi Tasiun Pagar Gunong sekita taun 70 an.
  1. Sepur Ekspres. Merupakan sepur ye paleng bagus zaman itu.Sepur ini ngangkuti Jeme (penumpang) trayek Pelimbang - Tanjungkarang 
  2. Sepur Kabat. Name KABAT singkatan nai Kereta Api Barang Cepat.Sesuai dengan namenye, sepur ini bejalan gagah dek kejamak'an.Gerbong ye ditarek banyak, sebagianbesar isinye barang2 kebutuhan Masyarakat 
  3. Sepur Senel. Entah pedie maksud Senel, kami juge dek tau.Tapi kalu kami kinak, Sepur itu biasenye mawe Batu/ perelatan untok menahi jalan sepur. Kadang tu digabung pule ngan gerbong ye bulat lok tengki untok ngankuti minyak pertamina 
  4. Sepur Kelingker. Sepur ye mawe'i Setingkol (batu bara) untok pajohan Lok / Kepala Sepur.Soalnye waktu itu seluruh sepur maseh nggunekan LOK Kepalak Itam (bukan Diesel)
  5. Sepur Lamsam.  Ini lah sepur penumpang ye behadu disetiap tasiun. Dikatekan Lamsam, mantak Sepur ini bejalan nye mai gelamai lok kan sampai lok dek de.Lamsam mondek salah singakatan nai kete Lambat Sampai
Zaman dulu Sepur merupakan sarana transportasi ye paleng di andalkan leh Masyarakat, temasok Jeme daerah Lubai. Penyebabnye antare laen karene Mubel lum banyak ige lok mak ini ahi. Hude itu hamper seluruh bakal / jalan raya rusak berat. Ape lagi kalu musem ujan, uji jeme lubai di tengah bakal perses lok kubangan babi. Cuman mubel kepalak gajah ngan Mubel Dodge ba'i ye pacak lalu. Itupun harus ade LER (sebangse tali ye begulung diwek) dan ditambangkan dibatang kayu besak pade sa'at mubel telumpur

Sebagai tasiun kecek, bisanye Pagar Gunong cuman ditambati leh Sepur Lamsam. Sepur la'en rate2 Loncnong ( dek behadu) di tasiun itu. Masyarakat juge maklum, ngan aturan ye dibuat leh jeme besak di PERUMKA ( mak ini lah jadi PT KAI).Tekale itu haper tiap pagi Tasiun Pagar Gunong dipenohi leh jeme, baek ye nak pegi ke arah Pelimbang mak itu juge ye nak ngacung ke Baturaje. Gale2 nye nunggu sepur Lamsam ye kan lalu.Kadang tu dek jarang sepur lamsam ye di tunggu leh Masyarakat ternyate Batal/ dek bejalan.Kabar batalnye sepur ini rate2 ngaget/ mendadak. Mak lum lah sarane telpon di tasiun zaman itu maseh ye ingkol2an makai kabal sepanjang jalan sepur, jadi kalu ade batang kayu huboh atau Kehe ye begantung di kabal telpon tengah utan pacak nian perage'an (pembicara'an antare kepale tasiun teganggu) binyi nye dek jelas.

Nah...............tekale itu lah Peranan Pak Marsudi selaku kepale Tasiun menjadi sangat penting sekali bagi masyarakat ye lah telanjur nak berangkat naek sepur. Dari namenye lah pacak kite tebak, bahwe Pak Marsudi itu adelah Hang Jawe.Tapi uji enggoh Die hang jawe pak Marsudi lah pacak nian dengan tabiat jeme daerah Lubai. Jeme lubai kalu lah kesal, sediket dek ngatek penakut.Jangankan sepur Kabat, Senel, Kelingker..................sepur espres ba'i lagi diluntu'i /disibat (bace di lempar) jeme ngan batu.Pada sa'at ketika sepur lamsam batal, pak Marsudi berani mepertarukan jabatan nye demi untok masyarakat Lubai ye nak bepegian. Beliau Nggalang ( bace :memberhentikan) setiap Sepur ye lalu , walaupun seharusnya sepur itu dek behadu di Tasiun Pagar Gunong.Sinyal ( base Lubai Tande) untok sepur nak masok dek de langsung dibukak, supaye sepur lah ngerem nai ja'oh sebelum sampai di tasiun.Sedangkan sinyal untok sepur berangkat belum diceluetkan ke pucok, sebelum jeme ye nak betinggeh kesepur lah na'ek gale.

Terimekaseh Pak Marsudi, semoga perbuatan/alam baek mu diberikan ganjaran ye setimpal oleh Allah SWT. Amin...............

Beume Lebak Dahat

Beume merupakan salah satu sistem pertanian tradisional di Lubai dan Rambang yang hampir punah ditengah-tengah gemerlap sistem pertanian moderen dengan model perkebunan monokultur kelapa sawit. Semangat program pencetakan sawah, optimalisasi lahan dan intensifikasi tanaman dengan penanaman padi 2-3 kali dalam satu tahun dengan penggunaan bibit unggul yang disertai dengan peralatan modern dengan tujuan menyediakan makanan bagi orang kota, hampir melupakan nilai-nilai kearifan lokal yang terbangun dalam sistem pertanian tradisional yang dulu pernah menopang kemadirian pangan di Lubai dan Rambang, salah satu kearifan lokal tersebut adalah ‘beume’

Beume merupakan salah satu sistem pertanian warisan nenek-moyang yang memanfaatkan lahan dengan menanam padi dan beragam tanaman pendukung lain disekitarnya. Beume atau beberapa masyarakat menyebutnya dengan ladang itu, merupakan salah satu media bertani yang terbagi menjadi dua bagian atau dua bentuk berdasarkan tempat dan peruntukannya yakni Ume Lebak dan Ume Talang

U
me lebak adalah lahan pertanian yang kontur tanahnya berada di dekat sungai ataupun rawa-rawa. Ume Lebak ditanami padi yang tahan terhadap kadar kelembaban tanah yang tinggi. Adapun Ume Talang adalah lahan pertanian yang tanahnya merupakan daratan. Biasanya dalamUme Talang terdapat pondok kecil sederhana yang digunakan sebagai tempat tinggal sementara hingga panen tiba, dan umumnya Ume Talang dibuat berbarengan dengan penanaman karet, beragam tanaman pangan sering ditanam di antara pohon karet maupun ditempat yang berbeda namun berdekatan dengan kebun karet yang baru ditanam

Senin, 30 September 2013

Doa masuk & keluar rumah


بسم الله الرحمن الرحيم،
الحمد لله رب العلمين،والصلاة والسلام على رسول الأمين (محمد بن عبد الله) وعلى آله وصحبه أجمعين،وبعد


Rasulullah .s.a.w. mengajarkan kita suatu doa yang memberi manfaat kepada kita semua , antaranya ialah 'Doa Masuk Rumah & Keluar Rumah' yang shahih .

Bacalah :

 "Dengan Nama Allah kami masuk dan dengan nama Allah kami keluar . Dan Kepada Allah, Tuhan kami bertawakkal , kemudian baginda bersabda :

 "Kemudian berilah salam kepada ahli rumah".

(Riwayat Abu Dawud)

Rasulullah .s.a.w. juga pernah bersabda mengenai memberi salam kepada ahli rumah ini berkaitan 'fadhilatnya' kelebihannya , Rasulullah bersabda :

"Daripada Anas B. Malik .r.a., Nabi .s.a.w. bersabda : "WAHAI ANAKKU !!! Apabila kamu masuk ke dalam rumah berilah salam . Kamu dan ahli rumah akan mendapat keberkatan".

(Hadith ini direkodkan oleh At-Tirmidzi)

Selain itu , doa keluar rumah secara ringkas ;

   (Bismillah-Tawakkal tu A'la Allah- La Hawla Wala Quwwata Illa Billah)
"Dengan Nama Allah-aku bertawakkal kepada Allah-Dan tiada daya dan kekuatan melainkan Allah"..

(Riwayat Abu Dawud & At-Tirmidzi)

* Memasuki rumah hendaklah menggunakan kaki kanan dan keluar rumah hendaklah menggunakan kaki kiri * (Info-Sunnah)

Wallahu A'llam...

Doa masuk rumah

Doa Masuk Rumah
بِسْمِ اللهِ وَلَجْنَا وَبِسْمِ اللهِ خَرَجْنَا ، وَعَلَى اللهِ رَبَّنَا تَوَكَّلْنَا 

"Bismillahi walajnaa wa bismillahi kharajnaa wa-alallaahi rabbina tawak-kalnaa"

Artinya : Dengan nama Allah kami masuk rumah, dengan nama Allah aku keluar rumah, serta kepada-Nya aku berserah diri.

Doa keluar rumah

Doa Keluar Rumah
بِسْمِ اللَّهِ ، تَوَكَّلْتُ عَلَى اللَّهِ ، وَلا حَوْلَ وَلا قُوَّةَ إِلاَّ بِاللَّه

"Bismilaahi tawakkaltu 'alallahi wa laa hawla wa laa quwwata illaa billaahi"

Artinya : Dengan menyebut nama Allah, aku menyerahkan diriku pada Allah dan tidak ada daya dan kekuatan selain dengan Allah saja.
 

Dangdut RGS

Loading...

Dangdut Palapa

Loading...

Selamat Datang

Terima Kasih telah berkunjung di Blog Forkum Lubers "Sebase Seanengan"

Prayer Times

Daftar pengikut

Ragam Mengobrol