Wednesday, September 5, 2012

Desa Prabumenang



Kali ini saya akan menceritakan sejarah desa Prabu Menang, kecamatan Lubai, kabupaten Muara Enim, provinsi Sumatera Selatan. Cerita ini ditulis berdasarkan informasi yang didapat penulis dari masyarakat Lubai sejak dulu sudah ada secara turun temurun, kajian penulis ini hanya sebagai ungkapan sejarah belaka tanpa ada maksud lainnya.

Terdapatlah sebuah desa yang sangat asri didirikan pada bagian hulu Daerah Aliran Sungai (DAS) Lubai dinamakan Prabu Menang penduduk lokal menyebutnya Permenang. Hijau dedaunan hampir seluruhnya memenuhi pandangan mata mulai dari ujung timur hingga kembali ke ujung timur lagi. Pohon tinggi yang menjulang terdapat dimana mana dan tertata sangatlah rapih. Perkebunan karet rakyat yang menghampar di sebelah utara desa ini seolah menampakkan kegagahannya dan beberapa pohon kelapa yang melambai diiringi tiupan angin yang segar dapat terlihat jika kita melihat ke bagian selatan pedesaan ini. Ya, desa ini seluruhnya di kemas dengan cantik oleh Yang Maha Pencipta.
  • Lokasi Permukiman : Desa Prabu Menang terletak antara desa  Karang Agung dan desa Lecah, kecamatan Lubai kabupaten Muara Enim - provinsi Sumatera Selatan.
  • Kata sifat : Masyaralat Lubai memberikan sinonim pada desa ini, dengan sebutan Ilmu Gijul dalam bahasa Lubai Ilmu Kicul;
  • Kajian penulis : Penulis tidak dapat memberikan kajian secara lengkap dikarenakan kekurangan informasi tentang masyarakat desa Prabu Menang. Namun demikian penulis akan mengkaji kata Ilmu Gijul terdiri dari kata Ilmu artinya sesuatu pengetahuan yang berlaku umum dan Gijul artinya tidak sama/tidak tepat. Sinonim Ilmu Gijul dapat bermakna bahwa masyarakat desa Prabumenang mempunyai karakter sering berbeda pendapat ataupun pandangan antara yang satu dengan yang lain Dari hasil kajian tersebut penulis membuat suatu kesimpulan bahwa Desa Prabu Menang filosofi yang melekat pada desa ini yaitu "Ilmu Gijul"  yaitu suatu desa yang dihuni masyarakat yang sering berbeda pandangan. Wallahu aklam bisshowab... 


Keterangan : Kajian ini hanya sekedar tulisan biasa yang bukan untuk diperdebatkan. Kepada sanak keluarga yang mempunyai referensi lebih lengkap, silahkan tuliskan komentarnya. Maafkan atas segala kekurangan informasi yang kami miliki.

    No comments:

    Post a Comment