Sunday, November 4, 2012

Manfaat pandan wangi


Daun pandan wangi yang kaya manfaat.

Untuk diketahui bahwa pandan merupakan jenis tanaman yang terdiri dari beberapa jenis, ada pandan berduri yang biasa untuk dijadikan bahan anyaman dan juga ada pandan wangi seperti yang sedang anada lihat pada gambar diatas ini. Tanaman pandan wangi memiliki nama latin Pandanus amaryllifolius Roxb. Tanaman ini dipercayai berasal dari Bangka, Indonesia serta telah tersebar luas di kawasan Asia Tenggara. Tanaman pandan wangi tumbuh di daerah tropis dan banyak ditanam di halaman atau di kebun. Pandan wangi kadang juga tumbuh liar di tepi sungai, tepi rawa, dan di tempat-tempat yang agak lembap, tumbuh subur dari daerah pantai sampai daerah dengan ketinggian 500 m dpl. Secara umum, tanaman berbentuk semak yang tumbuh menahun dengan tinggi 1-2 m. Batangnya berbetuk bulat dengan bekas duduk daun, bercabang, menjalar, serta terdapat akar tunjang yang keluar di sekitar pangkal batang dan cabang. Pandan memiliki daun tunggal, duduk, dengan pangkal memeluk batang, tersusun berbaris tiga dalam garis spiral. Helaian daunnya berbentuk pita, tipis, licin, ujung runcing, tepi rata, bertulang sejajar, panjang 40 – 80 cm, lebar 3 – 5 cm, berduri tempel pada ibu tulang daun permukaan bawah bagian ujung-ujungnya, warna hijau. Bunga majemuk, bentuk bongkol, warnanya putih. Buahnya buah batu, menggantung, bentuk bola, diameter 4 – 7,5 cm, dinding buah berambut, warnanya jingga.

Budidaya tanaman pandan yang tumbuh menyemak.

Mengingat penghasil aroma wangi ini, maka daun pandan disukai orang untuk berbagai keperluan seperti :
  1. Salah satu aditif makanan adalah berupa pengharum makanan guna memancing selera makan. Pandan wangi dapat digunakan sebagai aditif makan alami yang tidak menimbulkan efek kesehatan. Aroma wangi yang dihasilkan sangat cocok untuk makanan yang memiliki rasa manis atau gurih, sehingga makanan yang dihasilkan akan memiliki cita rasa tersendiri.
  2. Untuk makanan jajanan seperti nagasari atau makanan lainnya yang berbentuk potongan tunggal, daun pandan diiris kecil dan disisipkan di bahan sebelum dimasak. Kalau untuk bubur ketan atau bubur kacang hijau, maka daun pandan panjang diikat dan dimasukkan ke dalam makanan saat dimasak.
  3. Selain untuk aditif bahan makanan, ternyata pandan wangi juga disukai untuk produk minuman. Saat ini ada beberapa produk sirup, minuman kacang soya dan santan kelapa dengan rasa pandan yang beredar di pasaran.
  4. Selain efek wangi, daun pandan ini juga dapat befungsi sebagai pemberi warna hijau pada bahan yang digunakan. Hal ini karena kandungan zat warna hijau yang kuat pada daun pandan. Saat ini banyak beredar roti atau camilan dengan ciri khas pandan, yang umumnya berwarna kehijauan. Terkait dengan hal ini sekarang telah banyak dijual ekstrak daun pandan siap pakai yang dipergunakan sebagai perasa kue dan bahan makanan. 
  5. Untuk pewangi dekorasi ruang kamar pengantin dan pelaminan. Ruang kamar pengantin atau tempat pelaminan biasanya dirias dengan dekorasi cantik dan seringkali menggunakan bahan-bahan alami seperti bunga segar atau lainnya. Dekorasi seperti ini tidak lengkap jika tidak ada pengharum yang bersifat alami juga, dan dalam hal ini sering digunakan aroma wangi-wangian menggunakan bunga sedap malam dan daun pandan wangi. Bunga sedap malam tentu saja dilakukan dengan pemasangan beberapa tangkai bunga yang ditempatkan dalam vas berair, sedangkan pandan wangi dilakukan dalam bentuk irisan daun yang lembut dalam jumlah banyak untuk disebar ditumpuk di beberapa tempat. 

Sisa daun pandan untuk makanan bubur kacang hijau.

Kue bolu rasa pandan.

Daun pandan wangi hiasan yang dibuat dari setangkai pucuk pandan dengan bagian ujung masing-masing helaian daun dirangkai. Rangkain ini cukup indah juga seperti tampak dalam gambar dan dapat ditiru untuk dekorasi di meja.

Hiasan bunga dari setangkai pandan wangi.

Detail hiasan bunga dari setangkai pandan wangi
Pandan wangi dapat juga sebagai tanaman hias baik untuk ditanam di halaman maupun untuk di pot. Dengan warna hijau yang segar, apalagi saat disiram dengan air, maka akan tercium aroma wangi yang benar-benar menyegarkan. Kalau ditanam di pot juga bagus, terlebih jika ditumbuhkan dengan memperlihatkan bagian batang dan akar batangnya, maka akan terlihat sebagai tanaman yang cukup eksotis.


Pandan sebagai tanaman hias dalam pot.

No comments:

Post a Comment