Sunday, November 4, 2012

Pacar air









Pacar Air (Impatiens balsamina Linn.)         



Regnum : Plantae
    Divisio : Spermatophyta
       Sub Divisio : Angiospermae
           Kelas : Dicotyledoneae
               Sub Kelas : Dialypetalae
                   Bangsa : Balsaminales
                    Famili : Balsaminaceae
                     Genus : Impatiens
                      Spesies : Impatiens balsamina Linn.
          
Sinonim : Impatiens cornuta, Linn. Impatiens hortensis, Desf. Impatiens mutila, D.C. I.triflora Blanco Balsamina mutila, DC. 

Nama Lokal : Sumatera: Lahine, paruinai, Jawa: pacar cai, pacar banyu; Kimhong (Jakarta), Nusatenggara: pacar foya, pacar aik; Sulawesi: Tilang-gele duluku, kolendingi unggaagu; Bunga jabelu, giabebe, gofu, laka gofu, bunga taho, ; inai anyer. (Maluku); Feng xian hum (China)


Deskripsi

Berupa terna berbatang basah, bercabang, dengan daun tunggal, bentuk lanset memanjang pinggir bergerigi warna hijair muda tanpa daun penumpu. Bunga berwarna cerah, ada beberapa macam wama, seperti merah, oranye, ungu, putih, dll., ada yang "engkel" dan ada yang "dobel". Buahnya buah kendaga, bila masak akan membuka menjadi 5 bagian yang terpilin. Biasanya ditanam sebagai tanaman hias dengan tinggi 30 80 cm.

Manfaat



Dalam alam pengobatan cina dan india , pacar air juga merupakan salah satu bahan yang sudah sejak lama di gunakan. Karena pacar air memang mempunyai manfaat yang cukup baik untuk membantu mengatasi beberapa masalah kesehatan. Namun perlu di perhatikan bahwa ibu hamil tidak di anjurkan untuk mengkonsumsi ramuan berbahan pacar air untuk menghindari keguguran dan pamakaian yang terlalu lama akan membuat mulut tersa kering, nafsu makn berkurang dan perut mual. Namun bila pemakaian di hentikan selama 3 hari, efek tersebut akan hilang dengan sendirinya.

Berikut beberapa ramuan berbahan pacar air :


  1. Mengatasi Keputihan.  Caranya : Rebus 30 g daun pacar air dengan 2 gelas air hingga tersisa setengahnya, setelah dingin saring dan minum 2 kali sehari masing - masing 1/2 gelas.  
  2. Mengatasi Bengkak Akibat Gumpalan Darah (Hematoma). Caranya : Giling sampai halus 8 kuntum bunga pacar air kemudian tambahkan arak putih secukupnya, lalu tempelkan ke tempat bengkak dan balut dengan kain. Ganti balutan 2-3 kali sehari. 
  3. Mengobati tertusuk duri atau tulang di kerongkongan.  Caranya : Potong akar pacar air yang telah di cuci secukupnya, kemudian kunyah dan telan dengan air hangat.   
  4. Mengobati Radang Usus buntu.Caranya : Rebus 30 g daun pacar air, 30 g daun sambiloto dengan 600 cc air hingga tersisa setengahnya, setelah dingin saring dan minum. Lakukan secara rutin.   
  5. Menyehatkan Kuku.  Caranya : Haluskan seluruh bagian pacar air secukupnya, kemudian tempelkan pada kuku dan balut dengan kain kasa hinngga kering. Lakukan beberapa kali dalam seminggu. 
  6. Mengatasi Hipertensi.  Caranya : Rebus 10 g bunga pacar air, 100 g seledri dengan 400 cc air hingga tersisa setengahnya. Setelah dingin saring dan minum airnya. 
Sumber :
1. http://cozyeslife.blogspot.com 
2. wikipedia.id.org 

No comments:

Post a Comment