Thursday, November 1, 2012

Tulisan agar menarik

Smart

Agar tulisan kita dilirik oleh pembaca, pengunjung blog maka suatu tulisan harus yang bermanfaat. Harus bisa memberikan pelajaran dengan cara yang cerdas. Harus bisa memberikan informasi yang komprehensif dan tidak membingungkan. Lengkapi tulisan dengan data pendukungnya.

Humoris

Agar pembaca tidak bosan dengan tulisan kita, selipkan unsur humor dalam tulisan. Humor bisa menjadi selingan terutama jika topik yang dibahas itu berat. Namun jangan berlebihan. Humor hanya sebagai sisipan. 

Trendy
 
Dalam menulis, pastikan kita mengetahui perkembangan terbaru pada topik yang ditekuni, atau hal umum yang berlaku. Upayakan untuk terus mengupdate informasi agar tidak ketinggalan jaman.

Bertanggung jawab

Banyak orang yang ingin kekasihnya adalah sosok yang bertanggungjawab, yang berani menerima resiko atas apa yang dilakukan. Yang gak segan mengaku salah jika berbuat salah dan meminta maaf jika melakukan kekeliruan.

Sebagai blogger Anda bukanlah sosok yang sempurna. Suatu saat Anda mungkin bisa salah. Bisa salah berasumsi, salah mengambil kesimpulan, salah menganalisa, dan sebagainya. Jika ternyata tanpa sengaja melakukan kesalahanan, jangan ragu untuk bertanggung-jawab. Antara lain dengan meralat atau meng-update tulisan yang isinya tidak terlalu tepat. Atau meminta maaf secara terbuka kepada pihak yang dirugikan.

Mau mendengar

Sebagai blogger, kita juga harus mau mendengar. Simak apa yang diinginkan pembaca. Tanggapi usulan atau pertanyaan pembaca. Sedapat mungkin balas setiap komentar yang masuk. Ketika menanggapi komentar, berilah tanggapan yang sopan dan santun. Jangan terkesan arogan dan mau menang sendiri.

Kreatif

Sebagai blogger kita harus kreatif. Tak hanya pada mencari sudut pandang yang baru namun juga pada gaya bahasa. Jika gaya dan topik tulisan monoton, pembaca bisa bosan. Anda juga bisa merasa jenuh. Jika Anda rajin melakukan variasi, pembaca akan tertarik dan sebagai penulis Anda juga akan merasa seperti mendapatkan energi baru.

No comments:

Post a Comment