Friday, November 2, 2012

Bintangor

Bintangor (Calophyllum soulattri Burman f., Fl.)

Sinonim : Apoterium sulatri Blume, Calophyllum cymosum Miq, Calophyllum diepenhorstii Miq.., Calophyllum hibbardii Elmer, Calophyllum hirtellum Miq., Calophyllum kiong Lauterb. & K. Schum, Calophyllum Warb lanceolatum, Calophyllum lancifolium Elmer., Calophyllum oblongum Koord.. mantan Koord.-Schum., Calophyllum odoratissimum Norona, Calophyllum paludosum CTWhite, Calophyllum solomonense ACSmith, Calophyllum sorsogonense Elmer mantan Merr, Calophyllum spectabile var.. ceramicum Boerl, Calophyllum spectabile var.. miquelii Boerl, Calophyllum tetrapetalum Roxb.. G. Don mantan, Calophyllum treubii Koord. mantan Koord.-Schum., Calophyllum versteegii Lauterb, Calophyllum zschokkei Elmer.

Nama umum : Bintang, Bintangor.


Klasifikasi
Kingdom: Plantae (Tumbuhan)
     Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
         Super Divisi: Spermatophyta (Menghasilkan biji)
             Divisi: Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
                 Kelas: Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil)
                     Sub Kelas: Dilleniidae
                         Ordo: Theales
                             Famili: Clusiaceae
                                 Genus: Calophyllum
                                     Spesies: Calophyllum soulattri Burman f., Fl.

Diskripsi

Mid-kanopi pohon hingga 37 cm dbh dan 55 m. Batang warna putih dengan getah berwana kuning. Daun terbalik, sederhana, penni-berurat, urat sekunder sangat dekat bersama-sama, gundul. Diameter bunga berukuran 10 mm berwarna putih. Ukuran diameter buah 10 mm, hijau pucat, drupes berdaging.

Ekologi

Ditemukan di hutan dipterocarpaceae campuran terganggu, rawa, hutan pasang surut dan pantai sampai ketinggian 700 m. Biasanya pada tanah aluvial dan sepanjang sungai. Ditemukan pada tanah miskin miskin berpasir dan tanah ultrabasic, tetapi juga pada batu kapur. Di hutan sekunder biasanya hadir sebagai pohon sisa-sisa pra-gangguan.

Penggunaan

Kayu yang digunakan untuk tujuan konstruksi. Lateks yang digunakan sebagai suatu pioson. Akar digunakan untuk melawan nyeri rematik. Minyak diekstrak dari biji.

Dalam keadaan darurat. Buah dapat dimakan ...... lumayan lagi kelaparan di hutan dataran rendah masih ada yang bisa dimakan ..... buat para penempuh rimba, penyusur pantai dan sungai ..... kayaknya sering kita jumpa tanaman ini ..... ok

Distribusi 

Dari Thailand dan Indo-Cina untuk Australia Utara dan Kepulauan Solomon. Di Kalimantan ditemukan di seluruh pulau. 
 

No comments:

Post a Comment