Friday, November 2, 2012

Buah menteng hutan

Menteng Utan (Baccaurea lanceolata (Miq.) Mull.Arg, Di DC.)

Sinonim : Adenocrepis lanceolatus (Miq.) Mull.Arg, Baccaurea Pax & K. glabriflora Hoffm.., Baccaurea pyrrhodasya (Miq.) Mull.Arg., Hedycarpus lanceolatus Miq., Pierardia pyrrhodasya Miq.
Nama umum : Indonesia: Menteng, bencoy (Sunda), kepundung (Jawa). Nama setempat di Kalimantan : Ampusu, Asam Pauh, lepasu buah, buah lipau, Empawang, Kalampesu, Lampaung, Lapahung, Laptu, Lipasu, Tamasu, Tampoi. Inggris: Menteng

Klasifikasi
Kingdom: Plantae (Tumbuhan)
     Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
         Super Divisi: Spermatophyta (Menghasilkan biji)
             Divisi: Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
                 Kelas: Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil)
                     Sub Kelas: Rosidae
                         Ordo: Euphorbiales
                             Famili: Euphorbiaceae
                                 Genus: Baccaurea
                                     Spesies: Baccaurea racemosa Muell. Arg

Deskripsi

Kanopi pohon yang lebih rendah, hingga 21 m dan 41 cm diameter setinggi dada. Stipules sekitar 11 mm. Daun di ujung cabang, sebaliknya dikelompokkan, sederhana, urat daun menyirip, gundul. Bunga sekitar 2 mm, putih, kuning dan pink, diatur dalam racemes panjang. Buah sekitar 30 mm, berwarna kekuningan, cauliflory (Stammblütigkeit), kapsul ditutup berdaging, biji dengan aril putih (kulit biji).

Ekologi

Dalam dipterocarp campuran dan hutan submontane terganggu. Sebagian besar pada tanah aluvial (aluvial), kadang-kadang bahkan di bukit dan pegunungan. Pada liat ke tanah berpasir, tetapi juga pada batu kapur. Terjadi di hutan-hutan sekunder sebagai peninggalan dari negara terganggu.

Tinggi : Sampai 1300 m. dpl. 

Penyebaran

Thailand, Semenanjung Malaya, Sumatera, Kalimantan (Sarawak, Brunei, Sabah, Barat, Tengah, Selatan dan Kalimantan Timur), Filipina.

Penggunaan

Daun digunakan sebagai obat untuk sakit perut. Buah yang dimakan.  Dalam keadaan darurat di hutan Buah tumbuhan ini lumayan buat makanan buah ........... hiiii kecutnya ...... daun mudanya bisa untuk lalap
Sumber : http://floranegeriku.blogspot.com

No comments:

Post a Comment