Friday, November 2, 2012

Ketapang hutan

Ketapang Hutan (Terminalia copelandii Elmer)


Sinonim : Terminalia catappoides C.T. White & Francis, Terminalia crassiramea Merr. Terminalia gigantea v. Slooten.
Nama-nama umum : (Filipina): yanipo (Mbo), Indonesia): Mertapang, Ketapang hutan

Klasifikasi
Kingdom: Plantae (Tumbuhan)
     Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
         Super Divisi: Spermatophyta (Menghasilkan biji)
             Divisi: Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
                 Kelas: Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil)
                     Sub Kelas: Rosidae
                         Ordo: Myrtales
                             Famili: Combretaceae
                                 Genus: Terminalia
                                     Spesies: Terminalia copelandii Elmer

Kerabat Dekat
Joho Keling, Ketapang, Belawan, Kalumpit

Dskripsi

Sebuah pohon cukup besar hingga 40 m, batang lurus dan silindris, biasanya pendek tapi kadang-kadang sampai 23 m panjang, sampai dengan 115 cm, dengan banyak besar penopang hingga 2 m, permukaan kulit dangkal longitudinal retak dan mengelupas ke potongan persegi panjang kecil, abu-abu atau coklat, bagian dalam kulit merah muda; Daun bulat telur terbalik, 15-40 cm x 4,5-18 cm, biasanya subcordate di dasar, jarang dibawah umur dan kadang-kadang teliti verrucose di bawah ini, dengan (20 -) 23-30 pasang urat sekunder , tangkai daun sangat pendek, hingga 10 mm. Bunga di ketiak spike 22-50 cm panjang, tabung kelopak kuning kemerah-merahan-sericeous; bulat telur buah untuk ellipsoid, 3,5-6 cm x 2,2-3 cm, hampir glabrous ketika dewasa, kadang-kadang dipipihkan atau samar-samar 5 - lobed.

Ekologi dan distribusi

Habitat Alam : T. copelandii ditemukan di hutan primer dan hutan rawa, baik pedalaman dan di daerah pesisir Sumatra, Kalimantan, Flores, Maluku, Filipina, Nugini dan Kepulauan Solomon. Biofisik pohon : Ketinggian: Sampai dengan 500 m. Perbanyakan dan pemeliharaan. Pohon Manajemen. T. copelandii telah terbukti tumbuh baik di monokultur.

Produk

Kayu: Kayu yang digunakan, misalnya untuk pembangunan rumah, membuat perahu dan veneer, pohon juga ditanam.  Makanan: Kernel dari buah-buahan yang dapat dimakan.

Manfaat

Mengendalikan erosi: Ini memiliki potensi untuk menstabilkan tepi sungai

Properties
Kayu: Kepadatan kayu kuning-coklat adalah 330-620 kg / m kubik pada kadar air 12%. Uji di Filipina pada 12 kadar air menunjukkan sifat mekanik berikut: kuat lentur adalah 82,5-90 N / mm kubik, modulus elastisitas 11 100-12 000 / N mm kubik paralel, kompresi untuk gabah 42,5-46 N / mm kubik , kompresi tegak lurus untuk butir 5-6 N / mm geser kubik, kompresi 9,5-10 N / mm kubik, janka kekerasan 3320-3650 sisi N dan janka kekerasan akhir N. 4705-5170 Kayu Teras pucat coklat, coklat kemerahan atau kekuningan coklat sampai coklat, sering dengan tambalan kekuningan atau merah muda atau lapisan. Kegunaan dalam keadaan darurat di hutan. Selain buah, semai mudanya dapat digunakan untuk bahan makanan 
 

No comments:

Post a Comment