Saturday, November 3, 2012

Paku leyat

Paku Leyat (Phymatodes longissima (Bl.) J.Sm )

Nama umum : Indonesia:Paku leyat, pakis


Klasifikasi
Kingdom: Plantae (Tumbuhan)
     Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
         Divisi: Pteridophyta (paku-pakuan)
             Kelas: Pteridopsida
                 Sub Kelas: Polypoditae
                     Ordo: Polypodiales
                         Famili: Polypodiaceae
                             Genus: Phymatodes
                                 Spesies: Phymatodes longissima (Bl.) J.Sm
Kerabat Dekat : Paku Cacing

Deskripsi

Kecil sampai besar, tegak hingga pakis gantung, terestrial, epifit atau scandent, kadang-kadang air atau di rawa-rawa. Rimpang pendek dan panjang-merayap, sedang untuk padat ditutupi dengan peltate berbasis, skala klatrat (setidaknya sebagian), dictyostelic. Daun panjang-stipate, silinder thestipe atau bersayap, mengartikulasikan untuk rimpang atau ke phyllopodia berbeda, tidak jarang mengartikulasikan, bundel beberapa fibrovascular banyak cincin terbuka, lamina sederhana untuk pinnatifid, seluruh margin, gundul atau dengan sisik peltate tersebar, bermembran untuk venasi chartaceous atau tipis seperti kulit, mencolok costate, melapisi dgn gambaran yg mirip kisi-kisi, umumnya dengan tidak jelas urat lateral utama, areoles tidak teratur dengan sederhana atau bercabang termasuk veinlets bebas menunjuk ke segala arah, berakhir di bengkak atau hydathodes. Sori exindusiate, di persimpangan pembuluh darah antara areoles, kecil, tersebar di lamina, umumnya dangkal, atau besar lingkaran atau oval dalam satu atau beberapa baris kedua sisi costae, umumnya sedang atau sangat direndam dan menonjol pada permukaan atas, kadang-kadang dengan Parafisa dengan Apeks diperbesar, anulus longitudinal, terganggu, atau 14 -16 sel menebal. Spora monolete, halus atau tuberculate.

Distribusi

Sebuah genus besar 60 sampai mungkin 100 spesies di daerah tropis Dunia Lama, dan daerah beriklim subtropis selatan. Dalam Pauasia ada sekitar 30 spesies, sebagian besar epifit. Phymatodes longissima paku epifit di pohon kadang pada batu atau pada tanah. Daun panjang (Piggot, 1964 Hal. 142)Sorus terdapat di kanan dan kiri tulang daun, dan berada pada cekungan yang dalam yang hampir menembus dau.

Kegunaan 

Dalam keadaan darurat di hutan. Tunas dan daun muda tumbuhan ini dapat digunakan untuk bahan makanan baik dimakan langsung, disayur, ditumis atau dikukus.
 

No comments:

Post a Comment