Saturday, November 3, 2012

Paku sayur

Paku Sayur (Diplazium esculentum Swartz)

 
Sinonim : Anisogonium esculentum Presl. Diplazium malabaricum Spreng. Athyrium esculentum Copel

Nama umum : Indonesia: Paku sayur, pakis sayur, paku tanjung.
 
Klasifikasi
Kingdom: Plantae (Tumbuhan)
     Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
         Divisi: Pteridophyta (paku-pakuan)
             Kelas: Pteridopsida
                 Sub Kelas: Polypoditae
                     Ordo: Polypodiales
                         Famili: Polypodiaceae
                             Genus: Diplazium
                                 Spesies: Diplazium esculentum Swartz
Kerabat Dekat : Paku Gendong

Deskripsi

Diplazium sebagian besar merupakan genus tropis, di america utara hanya tiga spesies seperti Diplazium pycnocarpon. Diplazium salah satu termasuk dalam atrium dan asplenium. umumnya alternatif nama dimasukkan berasal dari sebelum asplenium (boughton,2005).

Diplazium tumbuh di daerah pegunungan yang ketingiannya sekitar 1.350 m. Oleh karenanya banyak terdapat di gunung arjuna dan gunung patuha(Setijati Sastrapradja,1985:113)

Diplazium hidup di seluruh kepulauan Macaronesia: Canary Islands, Azores, Madeira dan Cape Verde dan di wilayah Algeciras di provinsi Cadiz, termasuk di Taman Alam Los Alcornocales, yang berlangsung sebuah habitat yang sama ke hutan salam, hangat dan lembab sepanjang tahun (Joan Bibiloni, 2011).

Rhizoma merambat ke errect, bersisik: rimpang-sisik bergigi, malai berlekuk dengan lekukan khas dan membuka. Daun pakis sederhana untuk pinnately gabungan menyirip urat, atau melapisi dengan gambaran yg mirip untuk membentuk areoles persegi empat agak penuh pada setiap samping veinlets (seperti venasi goniopteroid) biasanya berbulu atau bersisik pada sumbu. Sori memanjang di sepanjang vena indusia bulan sabit, sering berdekatan dengan bukaan sebelahnya dan sebaliknya, batangny tegak(tagawa , 1979)

Rimpang: pendek merayap 5 mm.  Daun pakis: tingg 100 cm sebesar 20 cm,agak dimorfik, daun subur lebih tinggi, tegak, steril melengkung,Stipe: cokelat kemerahan pada pangkal, ke atas hijau, sangat beralur, beberapa sisik dekat pangkalan, bersatu untuk bentuk-v di atas. Pinnae: 20 sampai 40 pasangan, costae beralur terus menerus dari malai ke costae

Sori: linier sedikit melengkung, lurus dari tengah midvein atau hampir ke margin dalam pola herringbone, indusiumnya linier, gigih, tembus, sinus, sedang sporangia hitam,biasanya jatuh akhir musim panas(Broun, 2011).

Sepanjang pinnae veinlets itu lateral, seperti indusia flap, bukaan di tepi tipper, tersebar di tempat lembab, glades berhutan dan semak aluvial, throughhout (Rhoads,2007:94)

Deskripsi (Erfindwi , 2011):
Paku sayur didistribusikan secara luas di Filipina. Hal ini ditemukan dari India ke Polinesia. Memiliki akar yang gemuk, liat akar yang sering berkumpul dapat dijual. Tangkai berwarna hijau dan agak halus, dengan panjang 20-50 cm. Pada daun 2 – 3 pinnate, 5-3 menyirip, dan panjangnya 50-80 cm. Yang pinnules berbentuk pisau pembedah dengan panjang 2-5 cm dan agak kasar bergerigi. Para sori yang dangkal, diatur di pasang di sisi pembuluh darah atau veinlets. Tumbuhan ini banyak dijumpai di lembah-lembah di pinggir sungai terlindung pada tanah yang kaya bahan organik. Dapat tumbuh dari ketinggian 350 m -1600 m lebih

Daun Majemuk, menyirip, lanset, tepi bergerigi, ujun runcing, pangkal tumpul, panjang 5-6 cm, lebar 1-2 cm, tangkai silindris, berambut, pertulangan menyirip, hijau. Ental yang muda ditutupi oleh sisik berwarna coklat muda. Tersusun atas 15 pasang anak-anak daun panjangnya 40 cm dan lebarnya 8 cm. Tekstur daun agak kaku dengan tepi bergigi berwarna hijau gelap.Batang Tegak nampak berdaging dengan ental banyak mencapai panjang 1,2 m lebih. Akar Serabut, hitam.Sori Tumbuh di sepanjang urat anak daun pada ketiak anak daun tumbuh tunas untuk perbanyakan diri. Spora dihasilkan pada sporofil, terutama di permukaan bawah daun, berwarna coklat.

Manfaat

Banyak ayat-ayat Al-Quran yang menunjukkan bahwa segala sesuatu yang diciptakan Allah mempunyai manfaat bagi manusia, salah satu dari ayat-ayat tersebut yaitu:

29. Dia-lah Allah, yang menjadikan segala yang ada di bumi untuk kamu dan Dia berkehendak (menciptakan) langit, lalu dijadikan-Nya tujuh langit. dan Dia Maha mengetahui segala sesuatu. Surat Al-baqarah ayat 29 ini menunjukkan bahwa segala sesuatu yang ada di muka bumi ini pasti ada manfaatnya, baik manfaat yang sudah diketahui maupun manfaat yang masih dalam proses pencarian, untuk itu tidak ada salahnya manusia belajar dari Kalam Allah baik yang tersurat maupun yang tersirat untuk meningkatkan iman kita pada Allah SWT. 
 
Diplazium esculentum swartz bermanfaat sebagai :

Daun muda jauh lebih diinginkan dan dimakan di semua bagian baik mentah atau dimasak. Mereka digunakan sebagai sayuran, atau sebagai bahan minuman. Mereka adalah sumber kalsium, yang sangat baik sumber fosfor dan sumber yang baik dari besi serta mengandung vitamin B. Di Filipina daun muda digunakan dengan gula, karena baik untuk hemoptisis dan batuk biasa. Di Indonesia paku ini tersebar mulai dari Sumatera, Jawa, Sulawesi sampai ke Irian.

Daun Diplazium esculentum selain dapat digunakan senagai sayuran, juga berkhasiat sebagai obat gosok untuk menghilangkan bau keringat. Untuk menghilangkan bau keringat dipakai ± 15 gram daun Diplazium esculentum yang masih muda, dicuci dan ditumbuk halus lalu digosokkan pada ketiak.

Kegunaan dalam keadaan darurat di hutan. Tunas muda tumbuhan ini dapat digunakan untuk bahan makanan baik dimakan langsung, disayur, ditumis atau dikukus.

No comments:

Post a Comment