Ads 468x60px



Labels

Sabtu, 03 November 2012

Pohon kenari


Kenari (Canarium amboinense Hoch.)



Kenari (Canarium ovatum), adalah satu dari sekitar 600 jenis anggota suku Burseraceae. Tumbuhan ini berasal dari kawasan Malesia. Di Filipina tumbuhan ini menjadi tumbuhan yang cukup penting dan banyak tumbuh di daerah selatan Pulau Luzon, di beberapa bagian Visayas dan Pulau Mindanao, beberapa negara lain seperti Afrika, Nigeria Selatan, Madagaskar, Cina Selatan, India, Filipina, dan Bagian Selatan Asia.

Klasifikasi Ilmiah :

Kingdom: Plantae (Tumbuhan)
    Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
        Super Divisi: Spermatophyta (Menghasilkan biji)
            Divisi: Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
                Kelas: Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil)
                    Sub Kelas: Rosidae
                        Ordo: Sapindales
                             Famili: Burseraceae
                                 Genus: Canarium
                                     Spesies: Canarium amboinense Hoch.
                                                   Burseraceae : kenari-kenarian


Deskripsi

Tempat Tumbuh

Tempat tumbuhnya di hutan primer, pada tanah berkapur, tanah berpasir maupun tanah liat, dari ketinggian rendah sampai 1500 meter diatas permukaan laut.

Tinggi Pohon

Tinggi pohon kenari sampai 45 meter, sedangkan tinggi banir sampai 3 meter dan lebarnya 1,5 meter. Kayunya dapat digunakan sebagai kayu konstruksi yang ringan-ringan. Pohon ini akan mengeluarkan resin apabila pepagannya dipotong atau diiris. Minyak Resin ini memiliki bau yang harum, shingga sering digunakan untuk membuat minyak wangi atau parfum. Selain untuk parfum, ada juga yang menggunakannya untuk obat gosok terhadap gatal-gatal atau obat luka. Minyak Resin ini dapat juga digunakan sebagai pembersih rambut dan pembuatan dupa. 

 pohon kenari
 Batang


Batangnya tegak dengan warna pegagan kelabu, kayu putih, serta teras coklat tua. Jika kulitnya diiris akan mengeluarkan getah kenari, seperti damar, mula-mula berwarna putih dan melekat, kemudian seperti lilin berwarna kuning pucat (elemi). Gum elemi memiliki tekstur lunak, berwarna keputih-putihan berbau aromatik seperti terpentin, dan merupakan hasil eksudasi patologis dari tumbuhan ini. Pohon ini memproduksi gum hanya pada saat daun mulai tumbuh. Selama musim kering, pohon tersebut berada dalam masa dorman, tanpa daun, dan tidak memproduksi resin. Minyak elemi tidak digunakan secara meluas dalam industri parfum. Kadang-kadang minyak tersebut digunakan dalam bahan pewangi sabun dan preparasi teknik yang harganya murah. Namun demikian, minyak ini cocok digunakan sebagai bahan baku untuk pembuatan isolat fellandren yang digunakan untuk pembuatan senyawa minyak atsiri artifisial (tiruan). Gum sejak lama digunakan dalam plaster farmasi dan salep, dan untuk memberikan sifat mantap dalam vanish.

 

Akar

Sistem perakaran pada tanaman ini adalah sistem akar tunggang. Pada sistem akar tunggang, baik akar primer maupun satu atau lebih akar lateral yang menggantikan akar primer pada tahap awal perkembangan kecambah tumbuh lebih cepat dan menjadi lebih besar serta kuat daripada akar-akar lain, sehingga terbentuk satu atau lebih akar –akar utama.


Daun

Daunnya majemuk menyirip gasal dengan 4-5 pasang pinak daun yang menjorong memanjang, dengan permukaan licin dan mengkilap. Daun tidak mempunyai daun penumpu. Daun dan kulit batang kenari mengandung saponin dan tanin, bijinya mengandung saponin dan juga minyak lemak. Daun kenari berkhasiat untuk pelancar haid, minyak bijinya untuk kosmetika. Untuk pelancar haid dipakai +10 gram daun segar kenari, dicuci, direbus dengan 1 gelas air selama 15 rnenit, setelah dingin disaring. Hasil saringan diminum sekaligus. 


Bunga

Tanaman ini adalah tumbuhan berumah dua, dengan bunganya yang tumbuh di pangkal daun yang masih muda. Seperti layaknya pada pepaya atau rambutan, ada tumbuhan hermafrodit pula. Penyerbukan bunga tanaman ini dilakukan oleh serangga. Bunga tumbuhan ini muncul dalam waktu yang teratur, walaupun buahnya memerlukan waktu yang lama untuk masak. Ovarium berisi tiga locules, masing-masing dengan dua ovula, sebagian besar waktu hanya satu ovula mengembangkan (Chandler 1958).

Perbungaannya berbentuk malai. Berkelamin tunggal, zigomorf, kelopak dan mahkota berbilangan 5, daun kelopak dan daun mahkota berbilangan 5, daun mahkota bebas. Benang sari 8. Tersusun dalam 2 lingkaran yang tidak lengkap. Cakram kelihatan jelas. 


 
Buah

Pili buah adalah buah berbiji, 4 sampai 7 cm, 2,3-3,8 cm, dan beratnya 15,7-45,7 g. Kulit (exocarp) adalah halus, tipis, mengkilap, dan berwarna hitam keunguan ketika buah matang; pulp (mesocarp) adalah kuning berserat, berdaging, dan kehijauan dalam warna, dan cangkang keras (endocarp) dalam melindungi normal dicotyledonous embrio. Para basal akhir shell (endocarp) adalah menunjuk dan apikal akhir lebih atau kurang tumpul; antara benih dan cangkang keras (endocarp) adalah, tipis kecoklatan, berserat kulit biji dikembangkan dari lapisan bagian dalam endocarp tersebut. Ini lapisan tipis biasanya melekat erat pada dan shell / atau benih. Sebagian dari berat kernel terdiri dari kotiledon s, yang sekitar 4,1-16,6% dari buah utuh, itu terdiri dari sekitar 8% karbohidrat, 11,5-13,9% protein, dan 70% lemak. Kernel dari beberapa pohon mungkin pahit, berserat atau memiliki bau terpentin. Bakal buah beruang 2-3, tiap ruang dengan 1-2 bakal biji yang apotrop atau epitrop. Berbiji, gepeng, panjang, terdapat 2-3 biji dalam satu buah (berbentuk sawo kecil). 

 
Biji

Bijinya banyak mengandung lemak manis. Biji yang kering akan mengandung 65 % minyak lemak ( = ester , asam stearine , palminine , oleine , dan minyak wijen ). Minyak dan lemak merupakan bahan cadangan penting dalam tubuh tumbuhan yang seringkali dijumpai dalam biji. Lemak dan minyak merupakan gliserida asam lemak. Perbedaan diantara keduanya umumnya berdasarkan sifat-sifat fisik, pada suhu normal lemak berbentuk padat, dan minyak berbentuk cairan. Lemak jarang disimpan didaun, batang, dan akar, tapi sebagian besar dibiji. Lemak selalu disimpan dalam benda khusus disitosol, dan sering terdapat ratusan sampai ribuan benda itu ditiap sel penyimpannya. Benda itu dinamakn benda lipid sferosom, dan oleosom. Oleosom dapat diisolasi dari biji dalam bentuk agak murni, sehingga dapat dianalisis komposisi dan strukturnya.

 

Manfaat

  • Mengonsumsi biji kenari setiap hari diyakini dapat mencegah kanker prostat.
  • Biji kenari juga berperan memotong pertumbuhan tumor dan memperlambat pertumbuhannya.
  • Kenari kaya akan asam omega 3 dan asam alpha linoleic (ALA) yang mampu meningkatkan kinerja arteri kita
  • Lemak tak jenuh tunggal pada kenari membantu menyingkirkan kolesterol buruk dan lipoprotein dengan meningkatkan pembekuan darah
  • Asam esensial amino bernama L-arginine pada kenari akan dikonversi menjadi oksida nitrat dalam tubuh yang membantu meningkatkan aliran darah. Juga, mencegah penyempitan arteri dan akumulasi lemak pada dinding arteri.
  • Kenari juga kerap makanan bagi otak karena merupakan sumber asam lemak omega 3 yang mengoptimalkan fungsi sel-sel di ota.
  • Dapat digunakan sebagai salep pada borok yang telah lama tidak kunjung sembuh
.
Cara Membuat Sambal Kenari

Cara Membuat Sambal Kenari
Bahan yang digunakan untuk Sambal Kenari:



  • 6bh cabai merah
  • 5bh cabai rawit
  • 50gr wijen, sangrai hingga kecokelatan
  • 50gr kenari, seduh air panas, kupas
Bumbu yang digunakan :
  • 1sdt terasi
  • 1sdt garam
  • 1sdt gula merah
  • 1sdm air jeruk lemon
  • 2sdm air matang
Cara Membuat :
  • Haluskan cabai merah, cabai rawit, wijen sangrai, terasi, garam, gula merah sampai halus.
  • Tambahkan kenari dan air jeruk lemon, gerus sebentar dan tidak sampai halus.
  • Tambahkan air matang, aduk sampai rata.
  • Sajikan sambal kenari dengan sayuran rebus dan ikan goreng.
Cara Membuat Sambal Kenari ini Untuk 6 orang.
kacang kenari 300x225 Kenari
kacang kenari

Atau kacang kenari mengandung omega 3 dan anti oksidan yang tinggi. Kebiasaan makan kacang kenari akan memperkacil resiko kanker atau tumor, kacang kenari banyak dipakai dalam pembuatan kue, trutama kue kering untuk cake juga kadang dipakai untuk toping.
kenari 1 300x240 Kenari
Sumber :
1. wikipedia.id.org

0 komentar:

Poskan Komentar

 

Dangdut Bahi

Loading...

Wali Band

Loading...

Artikel Blog

Dangdut RGS

Loading...

Dangdut Palapa

Loading...

Selamat Datang

Terima Kasih telah berkunjung di Blog Forkum Lubers "Sebase Seanengan"

Prayer Times

Daftar pengikut

Ragam Mengobrol

Dangdut Monata

Loading...

Dangdut Metro

Loading...

Tulisan Forkum Lubers