Wednesday, November 7, 2012

Pohon sepetir

 
Pohon sepetir merupakn jenis kayu keras.

Pengenalan

Sepetir dulunya direkomendasikan sebagai nama kayu untuk jenis Sindora dan Pseudosindora terkait erat palustris. Karena kayu dari spesies yang belakangan berbeda dari spesies Sindora. diusulkan oleh British Standards Institution yang Pseudosindora palustris harus dikenal sebagai rawa sepetir.

Distribusi Dari berbagai spesies Sindora terjadi di Malaysia, dua spesies, S. coriacea dan S. echinocalyx mendominasi pasokan komersial sepetir dari daerah itu, namun S. siamensis, S. velutina dan S wallichii juga dapat dimasukkan.

Ciri-ciri umum

Pseudosindora palustris, yang sebelumnya diklasifikasikan sebagai Copaifera palustris, terjadi di Sarawak dan Brunei di rawa-rawa air tawar, berkaitan dengan ramin. Pohon Sindora spp., Umumnya pohon-pohon besar, beberapa 45m tingginya, dan diameter sekitar 1,2 m dalam kondisi baik, tetapi lebih sering diameter sekitar 0.75m dan batang bebas cabang sampai to12m untuk 15m panjang. Pseudosindora palustris adalah pohon kecil, yang biasanya menghasilkan batang, lurus silindris dengan diameter 0,6 m tentang.
 
Batang kayu Ada sedikit perbedaan tapi halus antara kayu dari sepetir dan rawa sepetir cukup untuk mempengaruhi penggunaan akhir yang, untuk kedua jenis adalah sama. Berbagai spesies Sindora biasanya kecoklatan berwarna hutan dengan beberapa variasi dalam berat badan, dan memiliki saluran interseluler aksial dalam lapisan terminal kayu parenkim yang mensekresikan minyak ketika baru dipotong. Rawa sepetir di sisi lain, memiliki kayu warna coklat kemerahan biasanya, lebih seragam baik dalam warna dan berat karena itu adalah produk dari satu spesies, dan tanpa kanal vertikal. Kedua jenis memiliki gubal yang luas, bahwa di sepetir bervariasi dari 75mmto 300mmwide, dan di rawa sepetir umumnya lebar 100mm. Karena ini sangat rentan terhadap serangan kumbang, dimasukkan dalam berbagai bentuk penggunaan akhir adalah berisiko, dan karena itu gubal paling dikecualikan.

Kayu sepetir dari Sindora adalah merah muda-coklat, coklat keemasan, atau merah-coklat ketika dipotong pertama, gelap ke warna gelap, dan sering melesat dengan yang berwarna lebih gelap lapisan, menunjukkan kenari (Juglans regia). Permukaan direncanakan tanpa kilau signifikan; gandum yang dangkal saling bertautan, dan tekstur agak halus dan bahkan, atau cukup kasar. Sebuah angka pertumbuhan-cincin muncul di permukaan tangensial karena band terminal tidak teratur spasi parenkim, sedangkan kuartal-gergajian permukaan memiliki angka stripe. Kayu ini memiliki nuansa berminyak, dan cukup keras dan cukup berat rata-rata, meskipun berat kisaran berbagai spesies dari 640 kg / m³ menjadi 830 kg / m³ dengan rata-rata untuk paket komersial sekitar 672 kg / m³ saat kering.

Kayu sepetir rawa sepetir adalah pink pucat dengan urat cokelat pucat ketika baru dipotong, gelap pada paparan kaya coklat kemerahan, lega oleh urat gelap. Sebuah angka pertumbuhan-cincin muncul di permukaan tangensial, tapi kayu adalah penampilan lebih jelas daripada sepetir Malaysia. Gandum biasanya lurus, dan tekstur cukup baik dan bahkan, tapi kadang-kadang cukup kasar. Kayu beratnya sekitar 670 kg / m³ saat kering.

Pengeringan Kedua jenis kering perlahan tapi sangat baik, ada yang hanya sedikit kecenderungan untuk distorsi, tapi ada kecenderungan untuk membelah akhir terjadi. Kekuatan Kedua jenis mirip dengan Bahasa Inggris ek (Quercus spp.) Dalam perlawanan shock dan ketangguhan, tetapi mereka umumnya lebih unggul oak di kekerasan, geser, kekakuan, dan membungkuk dan kompresi.

Bekerja Kualitas Sulit - Sepetir agak sulit untuk melihat dan pesawat karena resin dalam kayu yang cenderung membuat untuk permukaan lengket dan membuat gusi gergaji cukup cepat. Kayu dapat dipoles memuaskan, jumlah tampaknya menjadi resin cukup untuk mengganggu serius dengan operasi ini. Memang agak sulit untuk mencegah pemisahan kayu saat dipaku, dan harus pra-bosan untuk tujuan ini. Rawa sepetir agak lebih mudah bekerja karena adanya resin.

Daya Tahan Durable
Sangat sulit treatability
Moisture Kecil Gerakan
Kepadatan (rata-rata, Kg / m³) 680
Tekstur Medium
Ketersediaan Terbatas
Rendah Harga

Nama botani (s) Sindora spp, Sindora coriacea., Sindora echinocalyx, Sindora siamensis, Sindora velutina, Sindora wallichii, Pseudosindora palustris. Nama lain (s) sepetir paya (Sarawak (rawa sepetir)), Makata (Thailand (sepetir)), rawa sepetir.Gunakan (s) Exterior bengkel tukang kayu, tukang kayu Interior, Veneer, Furniture. Warna (s) Yellow brown (coklat keemasan), Kuning brown (cokelat keemasan)

Sumber : http://research.ttlchiltern.co.uk 

No comments:

Post a Comment