Friday, November 9, 2012

Tumis kangkung

Tumis Kangkung Belacan


Tumis kangkung belacan ini sebenarnya agak sedikit enggan untuk saya tampilkan di JTT karena proses pembuatannya yang sangat mudah. Namun setelah dipikir dan  ditimbang akhirnya saya memutuskan untuk membaginya dengan yang lain karena tumis ini sangat lezat sekali dan mungkin bisa menjadi variasi masakan kangkung buat anda di rumah. Resep tumis kangkung ini menggunakan belacan alias terasi di dalam bumbunya. Bagi anda yang sering makan di resto kaki lima terutama yang menyajikan seafood pasti sering menemukan menu tumis kangkung seperti ini. Bagi saya kangkung yang dimasak dengan terasi rasanya memang lebih nendang dibandingkan dengan tumis yang biasanya. Resepnya apalagi kalau bukan dari uji coba sendiri. Sayangnya saya memasaknya terlalu lama sehingga si kangkung menjadi mati dua kali. Sayuran yang lembut seperti kangkung dan bayam memang paling lezat jika dimasak setengah matang kala batang dan daunnya masih terasa crispy dan segar.


Tumis ini saya buat pagi-pagi sekali untuk menemani bubur oatmeal yang menjadi sarapan saya setiap hari. Mungkin menu sarapan saya terdengar aneh, tapi terus terang saya sebenarnya telah mencoba segala macam cara agar tetap mampu menelan oatmeal. Mulai dari mengguyurnya dengan susu, mencampurkannya dengan aneka buah kering seperti kismis atau cranberry, menaburkan abon hingga akhirnya menyantapnya dengan tumis kangkung yang menurut saya merupakan modifikasi yang paling oke. Saya memang belum sekreatif atau mungkin bisa dibilang se-desperate adik saya, Tedy, dalam memadu-padankan oatmeal menjadi aneka masakan. Tedy bahkan berinovasi menciptakan bubur ayam oatmeal, oatmeal dengan nugget, oatmeal dengan rajangan daun selada plus kuah yang tidak jelas racikan bumbunya, yang jelas don't try these at home karena saya yakin anda akan setengah mati menelannya. ^_^

Berikut resepnya ya. 



Tumis Kangkung Belacan
Resep hasil modifikasi sendiri

Bahan:

- 2 ikat kangkung, siangi, potong-potong dan cuci bersih
- 1 sendok makan minyak untuk menumis

Bumbu, dihaluskan:
- 3 butir cabai rawit merah
- 3 butir cabai merah keriting
- 4 butir bawang merah
- 2 butir bawang putih
- 1 sendok teh terasi bakar
- 1 sendok makan ebi, sangrai sebentar

Bumbu lainnya:
- 1 ruas jahe, pipihkan
- 3 lembar daun salam
- 1 sendok teh saus tiram
- 1 sendok teh garam
- 1/2  sendok makan gula pasir
- 1/2 sendok teh kaldu bubuk (optional)

Cara membuat:


Siapkan wajan, panaskan minyak dan masukkan bumbu halus, jahe dan daun salam. Tumis hingga bumbu harum dan matang. Tambahkan saus tiram, garam, gula, dan kaldu bubuk (jika pakai). Aduk rata. Gunakan api kecil saja agar bumbu tidak gosong.


Masukkan kangkung, tutup wajan dengan penutup panci, besarkan api. Masak selama 2 menit. Buka penutup wajan, aduk kangkung hingga bumbu tercampur dan kangkung mulai layu. Cicipi rasanya. Masak hingga kangkung matang. 

Angkat dan sajikan panas-panas. Mantap!

Sumber : http://www.justtryandtaste.com

No comments:

Post a Comment