Friday, November 9, 2012

Puding roti pisang

Puding Roti-Pisang

Ketika membersihkan freezer Sabtu ini, saya melihat bungkusan roti kismis sisa yang karena bosan saya lempar ke freezer dari beberapa minggu yang lalu.  Roti tawar, pizza, donat atau jenis roti lainnya memang paling baik di simpan di dalam freezer di bandingkan di rak kulkas biasa. Roti yang disimpan di freezer ketika dikeluarkan dan didiamkan di suhu ruang maka akan kembali menjadi lembut seperti ketika masih segar. Tetapi jika anda simpan di rak kulkas di bawah selain membuat roti tidak tahan lama juga teksturnya menjadi kering sehingga tidak layak santap lagi. Tips: jika anda memiliki kulkas dengan freezer  yang lumayan besar dan seringkali isinya setengah kosong, agar energi yang digunakan efisien maka gunakan  space yang kosong untuk menyimpan roti tawar. Hemat energi dan roti menjadi awet. Atau masukkan gumpalan kertas koran untuk mengisi area yang kosong.

Kembali ke roti kismis tadi, sebenarnya telah lama saya berniat untuk mengubahnya menjadi puding roti dan akhirnya libur weekend ini keinginan saya terwujud. Setelah mencuci pakaian dan bersih-bersih rumah, dengan perut yang keruyukan saya menyingsingkan lengan baju di dapur membuat puding roti yang saya kombinasikan dengan pisang. Tidak memakan waktu lama untuk menyiapkan si puding hanya 15 menit saja, tetapi memanggangnya yang membutuhkan waktu lebih dari 40 menit. Yah well, tidak tahan dengan rasa lapar yang menyiksa, sambil menunggu puding matang saya pun menyantap semangkuk indomie :).

Untuk puding roti ini anda bisa menggunakan jenis roti apapun yang  ada atau tersisa di rumah dan tidak harus roti tawar. Lebih bagus lagi roti yang telah diinapkan beberapa hari sehingga teksturnya agak keras. Roti yang seperti ini akan membuat puding menjadi firm dan tidak terlalu lembek sehingga memeberi tekstur pada puding. Anda bisa tambahkan juga buah kering lainnya selain kismis seperti yang saya gunakan dan essence rhum jika suka. Pisangnya, lebih baik gunakan jenis pisang yang tidak lembek seperti  pisang kepok kuning, pisang raja atau tanduk. 

Berikut ini resepnya ya.


Puding Roti-Pisang
Resep hasil modifikasi sendiri

Untuk 1 loyang kaca tahan panas ukuran 23 x 13 x 7 cm

Bahan:

- 3 lembar roti tawar, gunakan roti yang berusia beberapa hari, potong dadu ukuran 2 x 2 cm
- 1 buah pisang tanduk, iris serong tipis atau 3 buah pisang raja/kepok kuning
- 2 sendok makan kismis
- 2 butir telur ayam, kocok lepas
- 250 ml susu cair
- 1 sendok makan tepung maizena
- 5 sendok makan gula pasir
- 1/2 sendok teh garam
- 1/4 sendok teh vanili bubuk
- 30 gram keju parut untuk taburan

Cara membuat:

Siapkan wadah kaca tahan panas atau loyang biasa ukuran  23 x 13 x 7 cm. Jika menggunakan loyang alumunium biasa maka olesi mentega dan taburi tepung terigu pada permukaannya agar puding tidak lengket, atau alasi loyang dengan kertas minyak. 

Tata roti dan pisang berselang-seling di dasar loyang hingga pisang dan roti habis. Taburi dengan kismis merata pada permukaannya. Sisihkan.

 Siapkan mangkuk ukuran sedang, tuang susu cair ke dalam mangkuk, tambahkan tepung maizena, gula pasir, garam, vanili, aduk menggunakan kocokan balon hingga semua bahan tercampur rata. Masukkan kocokan telur ke dalamnya, aduk rata. 


Tuangkan susu ke atas loyang berisi pisang dan roti, taburi permukaannya dengan keju parut. Tutup permukaan loyang dengan alumunium foil dan panggang selama + 45 menit. Hingga puding terlihat mengeras dan matang. Keluarkan dari oven dan puding siap disajikan. 

Tutup permukaan loyang dengan alumunium foil dan panggang selama 45 menit. Hingga puding terlihat mengeras dan matang. 

Keluarkan dari oven, biarkan dingin sejenak dan puding siap disajikan. 


Selamat mencoba! sumber : http://www.justtryandtaste.com
 

No comments:

Post a Comment