Friday, November 9, 2012

Es kacang merah

Membuat Es Kacang Merah Nan Legit

Kacang merah (Phaseolus vulgaris) sebagaimana jenis kacang lainnya kaya akan pati, protein dan serat makanan, selain itu juga merupakan sumber zat besi, potassium, selenium, molybdenum, thiamine, vit B6, dan asam folat yang sempurna. Umumnya kacang merah disimpan dalam kondisi kering, namun semakin lama penyimpanannya maka kadar nutrisinya pun akan semakin berkurang. Selain itu kondisi kacang yang kering akan memperlama proses memasak walaupun telah di rendam dalam air selama semalam. Penambahan gula, garam dan bahan yang berasa asam seperti tomat akan memperlama proses pengempukan kacang merah. Karena itu saat mengolahnya sebaiknya rebus kacang dalam air mendidih tanpa tambahan bahan apapun hingga kacang benar-benar empuk sebelum kemudian digunakan ke dalam aneka masakan. 

Jika anda mencari informasi mengenai kacang merah atau red bean di Google maka akan muncul beberapa jenis yang dikategorikan ke dalam kacang merah, yaitu kidney bean dan azuki bean. Keduanya termasuk keluarga kacang-kacangan atau Fabaceae bedanya adalah azuki bean berbentuk cenderung agak bulat dan berukuran kecil dan umumnya digunakan di kuliner Jepang dan China, biasanya dalam bentuk pasta kacang merah. Anda bisa menemukan kacang ini di supermarket besar di bagian bahan-bahan makanan dan rempah-rempah Chinese. Sementara kidney bean, sama dengan kacang merah yang biasa kita konsumsi, namanya diambil dari warna dan bentuknya yang menyerupai ginjal. Berukuran lebih besar dan panjang serta umumnya digunakan di kuliner India dan Amerika Utara, contoh masakan yang populer menggunakan kidney bean adalah chili bean dan rice and bean. 

Di Indonesia, penggunaan  kacang merah ke dalam masakan sepertinya tidak terlalu variatif. Umumnya kacang merah digunakan dalam hidangan berkuah seperti sup kacang merah yang pernah saya posting sebelumnya di Sup Senerek, sebagai campuran rendang daging untuk membuat warna rendang menjadi lebih pekat dan coklat, dimasukkan ke dalam gulai nangka atau sayur lodeh atau yang populer tentu saja diolah menjadi es kacang merah yang segar dan lezat seperti yang saya posting kali ini. Es kacang merah merupakan makanan populer yang diklaim berasal dari Manado dan merupakan salah satu jenis minuman es favorit saya. 

Menurut saya, es kacang merah dinyatakan lezat jika kacang yang digunakan empuk, legit dan manis, sementara kuahnya kental kecoklatan. Karena itu jika anda menggunakan kacang merah kering pastikan untuk merebusnya hingga benar-benar empuk. Nah, untuk membuat kuahnya terlihat kecoklatan dan menarik maka saya menambahkan satu sendok makan coklat bubuk ke dalamnya.  Tertarik untuk mencoba? Berikut resepnya ya.

Es Kacang Merah
Resep diadaptasikan dari buku Kitab Masakan Kumpulan Resep Sepanjang Jaman - Es Kacang Merah

Untuk 5 porsi

Bahan:

- 200 gram kacang merah kering
- 1 liter air
- 1/2 sendok teh garam
- 4 sendok makan gula pasir
- 1/2 sendok teh vanili bubuk
- 2 sendok makan gula merah, sisir
- 1 sendok makan coklat bubuk, cairkan dengan 100 ml air sebelum dimasukkan ke dalam rebusan kacang

Kuah:
- 300 ml santan kental, saya menggantinya dengan susu cair
- 1 sendok makan tepung maizena

Pelengkap:
- Es batu 
- Susu kental manis

Cara membuat:

1 hari sebelumnya...


Rendam kacang merah dalam air hingga semua bagian kacang terendam, biarkan semalaman hingga kacang mengembang dan empuk. Didihkan 2 liter air di panci, masukkan kacang dan rebus hingga kacang benar-benar empuk.

Jika kacang telah empuk, masukkan gula, garam, vanili, coklat bubuk, dan masak hingga gula meresap dan kuah menyusut. Angkat dan sisihkan.

Note: pastikan kacang empuk sebelum dimasukkan gula dan garam. Kacang tidak akan bisa empuk jika saat perebusan awal telah memasukkan gula dan garam.

Membuat kuah:


Masukkan santan/susu cair dalam panci, larutkan tepung maizena dengan santan/susu cair hingga larut kemudian masukkan ke dalam santan/susu. Hidupkan kompor dan masak hingga santan mendidih dan kental, aduk-aduk selama santan dimasak agar tidak pecah. Angkat. 

Cara penyajian:
Siapkan mangkuk saji, masukkan beberapa sendok kacang merah beserta saus coklat rebusannya, tuangkan kuahnya dan tambahkan es batu serut diatasnya. Siram dengan susu kental manis. Es kacang merah siap disantap. 
 

No comments:

Post a Comment