Friday, November 9, 2012

Tumis batang talas

Tumis Batang Talas & Udang

Tumis adalah teknik memasak sejuta umat, kenapa saya katakan demikian karena hampir setiap mereka yang pernah ke dapur pasti bisa memasak makanan dengan cara ditumis dan pasti pernah memasak tumisan. Entah itu berupa lauk atau sayur. Begitu mudahnya memasak dengan cara ini sehingga hampir semua bahan makanan bisa diolah dengan ditumis. 

Kelebihan lainnya memasak dengan cara ini adalah tumisan memerlukan waktu relatif singkat  untuk mengolahnya, dan makanan yang ditumis juga diklaim lebih 'sehat', jika: Bahan makanan yang digunakan rendah lemak, kaya gizi dan vitamin; Tidak terlalu lama memasaknya terutama sayuran agar vitamin dan zat gizinya tidak hilang; Minyak yang digunakan tidak berlebihan dan menggunakan minyak yang diklaim menyehatkan seperti minyak zaitun, canola, minyak jagung, minyak biji bunga matahari yang kaya akan antioksidan dan merupakan minyak dengan lemak tak jenuh tunggal dan ganda.


Nah, seperti yang saya lakukan kali ini. Tumis batang talas dengan udang ini salah satu menu putus asa yang rasanya lezat dan tandas dalam sekejap, alias banyak peminatnya di rumah Pete. Bahkan Tedy pun yang jarang menyentuh sayur berwarna hijau, kali ini melahapnya dengan antusias dan 'tambo ciek'!. Ah, saya sungguh cinta tumisan.

Berikut ini resepnya yang saya yakin anda semua mengetahuinya.


Tumis Batang Talas dan Udang
Resep hasil modifikasi sendiri

Bahan:

- 2 batang talas, cuci bersih dan iris-iris. Remas dengan 1 sendok makan garam dan bilas dengan air mengalir 2 kali. Tiriskan. (gunakan sarung tangan plastik untuk mengolah batang talas)
- 200 gram udang kecil, biarkan utuh.


Bumbu:
- 3 buah bawang merah, iris
- 2 siung bawang putih, cincang halus
- 3 buah cabai rawit merah, iris halus
- 2 buah cabai hijau besar, iris menyerong tipis
- 1/2 buah tomat merah, iris tipis
- 3 lembar daun salam
- 1 ruas lengkuas, pipihkan
- 1 ruas jahe, pipihkan
- 1 sendok teh garam
- 1 sendok makan gula pasir
- 1 sendok makan kecap manis
- 1/2 sendok makan saus tiram
- 1/2 sendok teh kaldu bubuk 
- air secukupnya (+ 100 ml)
- 1 sendok makan minyak untuk menumis

Cara membuat:

Panaskan minyak di wajan, tumis bawang putih dan bawang merah hingga harum. Masukkan cabai rawit, cabai hijau, daun salam, lengkuas dan jahe. Aduk rata dan tambahkan air. 


Masukkan garam, gula, kecap manis, saus tiram, tomat iris dan kaldu bubuk. Aduk rata. Tambahkan batang talas ke dalam bumbu tumisan, aduk hingga talas layu dan setengah matang. Masukkan udang, aduk rata. 


Masak hingga semua bahan matang, cicipi rasanya. Angkat. 

Hidangkan tumis ini dengan nasi putih hangat. 
 

No comments:

Post a Comment