Wednesday, December 5, 2012

Resep emping jagung

emping jagung mentah
Emping Jagung merupakan makanan ringan khas indonesia dibuat dengan cara tradisional bentuk emping mirip kerupuk. Emping dibuat dari berbagai bahan yang penting mengandung cukup sari pati seperti emping mlinjo dan emping jagung. Emping mlinjo dibuat dari biji mlinjo biasa dijadikan cemilan atau pelengkap hidangan seperti sroto, sop, gado gado, dan sebagainya. Emping jagung terbuat dari jagung yang ditumbuk, emping jagung biasa dijadikan cemilan gurih atau makanan ringan dengan variasi aneka rasa.

Emping diproduksi diberbagai daerah di indonesia kebanyakan di jawa. Meskipun termasuk jenis jajanan tradisional namun emping mudah dijumpai di toko, supermarket dan berbagai restoran bahkan ada yang sampai di export keluar negeri seperti timur tengah dan amerika. Emping yang dijual ada yang dalam keadaan mentah dan ada pula yang sudah siap dikonsumsi.

Karena rasanya yang bervariasi emping jagung lebih banyak disukai dari pada emping mlinjo yang memiliki sensasi rasa gurih dan pahit. Emping jagung yang memiliki ukuran lebih kecil namun tak kalah gurih. Taburan bumbu pada emping jagung juga membuat emping ini terasa istimewa. Dahulu emping jagung hanya berasa asin atau original namun sekarang emping jagung telah memiliki banyak varian rasa mulai dari emping jagung ini seperti emping jagung rasa balodo pedas, jagung manis, sapi panggang, keju bahkan pizza. Emping jagung cocok dinikmati di berbagai acara sebagai cemilan keluarga, saat santai atau saat anda pergi berlibur.

Proses pembuatan emping jagung relatif mudah namun memerlukan kesabaran dan kehati hatian karena bentuknya yang kecil dan tipis. Bahan yang digunakan hanyalah jagung, garam dan bumbu sesuai selera. Jagung yang digunakan harus besar dan tua ( jagung pipil ) agar saat di pipihkan tidak rusak dan kecil kecil.

Cara membuat

  1. Jagung pipil kering dicuci hingga bersih dan pastikan bebas dari jamur.
  2. Setelah itu jagung direbus dengan air kapur selama kurang lebih 1 jam untuk menghancurkan kulit ari. selanjutnya dicuci kembali dan direndam selama semalam baru kemudian jagung dikukus selama 1 jam.
  3. setelah matang jagung yang masih panas dipipihkan atau digenjet dengan mesin pemipih emping jagung untuk menghasilkan emping jagung mentah.
  4. Emping jagung mentah dijemur dibawah terik matahari selama 1 sampai 2 hari. Baru kemudian digoreng dengan minyak panas selama beberapa detik.
  5. Untuk menciptakan emping berbagai rasa minyak yang digunakan untuk menggoreng ditambahkan garam atau larutan bumbu sambil diaduk aduk agar bumbu dapat tercampur rata hali ini yang membuat emping jagung terasa gurih dengan bumbu yang meresap.
  6. Masukan emping jagung kedalam plastik atau toples kedap udara. Emping jagung siap dinikmati
Ternyata membuat emping jagung itu mudah dan ribet tak semudah saat memakannya. Silakan mencobanya dirumah atau kalau tak mau ribet silakan beli ditoko terdekat. Coba juga resep olahan jagung lainnya lepet tradisional jagung pasti enak dan banyak yang suka.


No comments:

Post a Comment