Sunday, October 28, 2012

Bibit kayu Cendana



Cara membuat bibit kayu Cendana sebagai berikut :

  1. Rendam biji selama 2 malam / 48jam di dalam ember yang berisi air setengah ember. Setelah 2 hari perhatikan kondisi biji. Pisahkan biji yang tenggelam dan yang terapung karena biji yang tenggelam adalah yang berkualitas tinggi, sedangkan yang terapung adalah kurang berkualitas.
  2. Sediakan semaian menggunakan tanah hitam yang telah digembur.
  3. Taburkan biji yang telah direndam 2 malam keatas semaian yang telah disiram (basah) dengan rata kemudian taburkan sedikit tanah hitam keatas biji. Pastikan tanah tidak menutupi keseluruhkan biji tadi.
  4. Siram 2 kali sehari yaitu pagi dan sore, ini untuk mempercepat proses percambahan.
  5. Sediakan Polibag kecil dengan menggunakan media tanah hitam.
  6. Perhatikan semaian setiap hari, jika ada biji yang pecah dan keluar sedikit tunas,cepat-cepat pindahkan ke dalam polibag dengan cara mengorek biji bersama dengan tanah dan masukkan ke dalam polibag yang telah disiram (basah). Ulangi ini sehingga semua biji yang pecah habis dipindahkan ke polibag.
  7. Setelah dipindahkan ke dalam polibag, siraman cuma perlu 2 hari sekali, dan tempatkan polibag ditempat yang terlindung dari cahaya matahari yang terik.
  8. Benih dapat ditanam ke tanah setelah tinggi 15 cm atau lebih.
  9. Anak pohon Cendana tidak memerlukan kawasan yang terlalu bersih, ia lebih suka di sekeliling semak atau ia tumbuh subur dibawah lindungan pohon2 tinggi. Seperti di dalam kebun karet / kebun buah-buahan.
  10. Setelah tinggi pohon Cendana mencapai 3 m, bagian pucuk perlu berbunga / dipotong terus, ini adalah bertujuan pohon tidak tumbuh terlalu tinggi dan kualitas / cabang dapat diperlihara.
  11. Pohon cendana matang pada tahun ke-8.

 Sumber : http://cendanagaharu.webs.com

No comments:

Post a Comment