Wednesday, October 31, 2012

Minyak atsiri kencur

Minyak Kencur

Kencur adalah istilah orang Jawa untuk menyebut jenis rimpang ini, kalau orang Aceh memanggilnya Ceuko, nama ilmiahnya sih keren namun agak susah untuk menghafalnya yaitu Kaempferia galangal. Dia termasuk kerabat jahe-jahean (gamilia Zingiberaceae), jadi masih saudaranya kunir, jahe, kunci, dan semacamnya.


Minyak kencur atau yang bisa disebut juga kaemferia galanga oil ini merupakan salah 1 jenis minyak atsiri yang memiliki banyak khasiat. Proses pembuatan inyak kencur terbuat dari rimpang-rimpang kencur pilihan yang didestilasi menggunakan alat penyulingan yang terbuat dari stainless steel dan pipa kondensor yang terbuat dari kaca, lalu dimurnikan agar memperoleh hasil yang terbaik berupa minyak kencur murni yang dapat digunakan untuk pemakaian sehari-hari maupun spa dan aromatherapy.

Berdasarkan analisis laboratorium, minyak atsiri dalam rimpang kencur mengandung kurang lebih 23 macam senyawa. Tujuh belas di antaranya mengandung senyawa aromatic, monoterpena, dan seskuiterpena. Nah, dia yang disebut terakhir ini punya efek mengurangi dan menghilangkan rasa nyeri (daya analgesic). Kencur juga bersifat stimulant, sehingga bias sebagai penambah tenaga. Selain itu juga bersifat karminatif atau meluruhkan angina, jadi menghilangkan kembung di perut.Kandungan utama minyak yang berasal dari rimpang kencur ini adalah etil parametoksi sinamat. Kandungan ini merupakan bagian yang penting dalam industri kosmetik karena memiliki banyak manfaat, misalnya sebagai pemutih kulit dan membuat kulit awet muda (anti-aging).

Minyak kencur juga memiliki banyak manfaat bagi kehidupan sehari-hari. Anda dapat membaca berbagai dari manfaat minyak kencur seperti yang telah terangkum di bawah ini:

Manfaat 

  • Melindungi kulit dari sengatan sinar matahari atau sunblock
  • Untuk mengatasi masuk angin
  • Sebagai bahan pembuatan obat
  • Sebagai bahan pembuatan sabun
  • dan masih banyak lagi
Sumber : http://minyakatsirionline.com

No comments:

Post a Comment