Sunday, October 28, 2012

Manfaat agar agar


Kegunaan

Sifat yang paling menonjol dari agar-agar adalah memiliki daya gelasi (kemampuan membentuk gel), viskositas (kekentalan), setting point (suhu pembentukan gel), dan melting point (suhu mencairnya gel) yang sangat menguntungkan untuk dipakai pada dunia industri pangan maupun nonpangan.

Agar-agar dengan kemurnian tinggi tidak akan larut pada air bersuhu 25oC, tetapi larut di dalam air panas. Pada suhu 32-39oC, agar-agar akan berbentuk padatan yang tidak akan mencair lagi pada suhu di bawah 80oC.

Fungsi utama agar-agar adalah sebagai bahan pemantap, penstabil, pengemulsi, pengental, pengisi, penjernih, pembuat gel, dan lain-lain. Agar-agar digunakan pada industri makanan, yaitu untuk meningkatkan viskositas sup dan saus, serta dalam pembuatan fruit jelly. 

Manfaat

Pada jaman modern ini segala macam makanan lezat yang berlemak dan siap saji tidak mudah untuk dihindari. Apabila tidak ada pengaturan dalam pola makan maka kegemukan akan tetap menjadi masalah. Oleh sebab itu, ketika saya mencari-cari suatu bentuk makanan yang dapat dikonsumsikan dengan lezat namun tetap rendah kalori, saya menemukan agar-agar.

Agar-agar adalah bahan konsumsi yang aman, hampir tanpa kalori. Dikonsumsi sebanyak apapun tidak ada masalah. Agar-agar juga dapat disajikan dalam banyak cara sehingga tidak membosankan, berbeda dengan konyaku dan wakame yang juga merupakan makanan berkalori rendah tapi terbatas dalam penyajian. Disamping itu agar-agar yang dikonsumsi akan mengembang dalam perut sehingga menimbulkan rasa puas dan kenyang. Sifat makanan seperti in dapat membuat orang bertahan dalam diet.


No comments:

Post a Comment