Sunday, October 14, 2012

Kayu Petaling

 Ochanostachys amentacea Mast.



Pada desa Jiwa Baru, kecamatan Lubai, kabupaten Muara Enim, provinsi Sumatera Selatan dahulu kala, ada suatu kawasan dinamakan Himbe Petaling. Nama ini diabadikan dikarenakan disana banyak ditumbuhan pohon Petaling yang besar-besar dan biasanya tempat Lebah membuat sarang. Namun sayang ini, kawasan yang disebut Himbe Petaling, kini hanya tinggal sebuah nama saja. Pohon-pohon Petaling, tidak ada yang tumbuh lagi. Pohon Petaling ialah satu spesies tumbuhan dalam famili Olacaceae yang berasal dari Semenanjung Malaysia dan tumbuh di hutan-hutan tanah pamah, serta bukit-bukit yang rendah. 


Nama Botani : Ochanostachys amentacea Mast. Olacaceae. CN: [Melayu - Petaling, Mentalin, nama vernakular Borneo - Ampilung, Empilang, Entikan, Entikol, Kadasan, Petaling, Petikel, Pilung, Pitotar, Santikal, Sentikal, Tanggal]. monotypic genus. Berasal dari Semenanjung Malaysia, Sumatera, Kalimantan (seluruh pulau). Mid-kanopi pohon sampai 36 m dan 66 cm kayu dbh. dapat digunakan untuk pembangunan rumah. Kulit digunakan medicinally. Benih-benih yang dapat dimakan. Sebuah Rebusan kulit pohon digunakan untuk memandikan tubuh setelah melahirkan dan mengurangi demam. Tanaman memiliki berbagai asam yang memiliki potensi untuk melindungi sel-sel lymphoblastoid manusia dari HIV.

Sinonim (s): Ochanostachys amentacea var. rufa Stapf ex RidlOchanostachys bancana (Becc.) valet.
Petalinia bancana Becc.

 

Ciri-ciri umum

Pohon Petaling tumbuh sehingga 30 meter (98 kaki) tingginya, dengan ukuran lilit batang pokok sebanyak 2 meter (6 kaki 6 inci). Pokok ini yang mempunyai akar banir tumbuh dengan amat perlahan dan mencapai ukuran lilit sebanyak 1.8 meter (6 kaki) hanya selepas kira-kira 150 tahun. Ciri-ciri fisiknya yang lain adalah seperti berikut:

 
 Warna kulit pohon Petaling


  • Kulit kayu: Berwarna perang pucat, dengan warna ungu sedikit.
  • Daun: Nipis, berbentuk bujur, dan tumbuh pada tangkai-tangkai yang halus.
  • Bunga: Amat kecil, dan berwarna hijau.
  • Buah: Berbentuk bujur dan berwarna hijau.
Sumber :  http://ms.wikipedia.org & website lainnya

No comments:

Post a Comment