Wednesday, October 31, 2012

Minyak atsiri Kunyit

Minyak Kunyit

Kunyit (Curcuma domestica Vahl.) atau lebih dikenal sebagai kunir oleh masyarakat Jawa dan koneng dalam bahasa Sunda adalah tanaman obat yang berasal dari Asia. Tanaman dari famili Zingiberaceae ini tumbuh amat baik di Indonesia dan mudah didapati di pasaran. Bagian utama dari kunyit yang memiliki khasiat obat adalah rimpangnya yang berada di dalam tanah.

Minyak kunyit atau yang bisa disebut juga turmeric oil ini merupakan salah 1 jenis minyak atsiri yang memiliki banyak khasiat. Proses pembuatan minyak kunyit terbuat dari rimpang-rimpang kunyit atau kunir pilihan yang didestilasi menggunakan alat penyulingan yang terbuat dari stainless steel dan pipa kondensor yang terbuat dari kaca, lalu dimurnikan agar memperoleh hasil yang terbaik berupa minyak kunyit murni yang dapat digunakan untuk pemakaian sehari-hari maupun spa dan aromatherapy.

Minyak ini memiliki prospek yang cerah pada sektor industri hilir dalam berbagai bentuk seperti ekstrak, minyak, pati, makanan & minuman, kosmetik dan produk farmasi.

Minyak kunyit mengandung senyawa-senyawa kimia seskuiterpen, turmeron dan zingiberen. Kunyit selain sebagai bumbu dapur, ternyata setelah disuling menjadi minyak memiliki banyak manfaat seperti yang terangkum di bawah ini:

Manfaat 

  •  Peradangan sendi
  • Obat anti gatal
  • Antiseptik
  • Mengatasi gangguan perencanaan
  • dan masih banyak lagi
Sumber : http://minyakatsirionline.com

No comments:

Post a Comment