Wednesday, October 31, 2012

Minyak atsiri melati

Minyak Melati



Tanaman melati (Jasminum sp) termasuk famili Oleaceae adalah tanaman penghasil minyak atsiri  yang dikenal dengan jasmine oil. Minyak atsiri yang berasal dari melati banyak digunakan untuk parfum dan kosmetika. Selain itu bunga melati juga dimanfaatkan dalam industri teh (sebagai pemberi rasa teh), bunga tabur, seni dekorasi dan aroma terapi. Berbagai jenis tanaman melati mudah dibudidayakan sebgai tanaman pekarangan maupun perkebunan di Indonesia, terutama jenis Jasminum sambac dan Jasminum officinale. Tanaman melati cukup berpotensi untuk dikembangkan dalam usaha agroindustri guna meningkatkan pendapatan petani dan devisa negara.


Minyak melati atau yang bisa disebut juga jasmine oil ini merupakan salah 1 jenis minyak atsiri yang sering digunakan sebagai bahan baku minyak wangi berkualitas tinggi seperti halnya minyak mawar. Proses pembuatan minyak melati terbuat dari bunga-bunga melati pilihan yang didestilasi menggunakan alat penyulingan yang terbuat dari stainless steel dan pipa kondensor yang terbuat dari kaca, lalu dimurnikan agar memperoleh hasil yang terbaik berupa minyak melati murni yang dapat digunakan untuk pemakaian sehari-hari maupun spa dan aromatherapy.

Kandungan penyusun minyak melati adalah golongan ester, alkohol, keton, hidrokarbon, fenol, eter, lakton dan senyawa yang mengandung nitrogen.

0t2

Minyak melati juga memiliki banyak manfaat baik dari segi bisnis maupun bagi kehidupan sehari-hari. Anda dapat membaca berbagai manfaat dari minyak melatiseperti yang telah terangkum di bawah ini:

Manfaat 

  • Sebagai bahan campurah teh
  • Sebagai bahan pembuatan obat-obatan
  • Untuk bahan baku parfum berkualitas tinggi
  • Untuk relaksasi
  • dan masih banyak lagi
Sumber :
1. http://minyakatsirionline.com
2. http://minyakatsiriindonesia 

No comments:

Post a Comment