Sunday, October 28, 2012

Rebung bambu



Kasiatnya : 

Menurunkan kadar kolesterol yg sangat tinggi / Mematikan sel kanker kolon (Usus Besar) / Menyembuhkan Jantung Koroner / Peluruh penyumpatan pembuluh Darah / Hipertensi / Hiperlipidemia (Kelebihan lemak) / Batuk berdahak & Demam .

Kandungan : 

Kalium 553 mg/100 gr daging rebung - Protein - Karbohidrat - Vit A - Vit C - Thiamin - Reblovamin - Kalsium - Fosfor - Besi - Serat = 2,56

6120a3146d40b116f7fdce66b94521d3 

Banyak orang kurang suka sayur rebung. Namun, kalau saja mereka tahu rebung kaya serat dan potensial untuk menurunkan kadar kolesterol darah, bisa jadi bakal berubah menggemarinya.

Tunas bambu atau rebung sudah lama dikenal masyarakat kita sebagai bahan makanan, terutama untuk dibuat sayur. Jika Anda menyukai lumpia, camilan khas Semarang, pasti tahu, di dalamnya terdapat irisan rebung.

Selain lezat diolah, rebung juga kaya serat pangan dan kalium. Itu berarti rebung dapat dijadikan penekan kadar kolesterol jahat dalam darah. Manfaat ini juga diakui Jaya. Bapak dua anak ini berpengalaman dengan khasiat rebung.

Tinggi serat

Rebung memang layak dipilih sebagai sumber serat alami. Berdasarkan penelitian diketahui kandungan serat pangan rebung lumayan baik, yakni 2,56 persen, lebih tinggi bila dibandingkan dengan jenis sayuran tropis lainnya, seperti kecambah kedelai (1,27 persen), pecay (1,58), ketimun (0,61), dan sawi (1,01).

Serat pangan adalah senyawa berbentuk karbohidrat kompleks yang banyak terdapat pada dinding sel tanaman pangan. Serat pangan tidak dapat dicerna dan diserap oleh saluran pencernaan manusia, tetapi berfungsi penting bagi pemeliharaan kesehatan, pencegahan penyakit, dan sebagai komponen penting dalam terapi gizi.

Perlu diingat kembali bahwa kurangnya konsumsi serat dapat menyebabkan timbulnya-penyakit ala masyarakat Barat, seperti aterosklerosis (penyumbatan pembuluh darah), yang selanjutnya bisa mengarah ke penyakit jantung koroner (PJK), diabetes, hiperkolesterol (kelebihan kolesterol), hipertensi, hiperlipidemia (kelebihan lemak), atau kanker kolon (usus besar).

Selain serat, seperti dikutip dari Portal CBN, senyawa utama dalam rebung mentah adalah air, yaitu sekitar 91 persen. Rebung mengandung protein, karbohidrat, lemak vitamin A, thiamin, riboflavin, vitamin C, serta mineral lain seperti kalsium, fosfor, besi, dan kalium. Kandungan kalium dalam rebung cukup tinggi, yaitu 533 mg per 100 gram rebung.
 

No comments:

Post a Comment