Tuesday, October 30, 2012

Pohon Tualang



Koompassia excelsa, juga dikenal sebagai Tualang (Tapang), atau Mengaris, adalah munculhutan hujan tropispohonspesies di Fabaceaekeluarga . Hal ini ditemukan di Indonesia , Malaysia , para Filipina , dan Thailand . Ini adalah salah satu spesies pohon tropis tertinggi: spesimen diukur tertinggi adalah 85,8 m atau 88 m tinggi. Nama di berbagai daerah - Mengaris di Brunei dan Sabah, Tualang di Semenanjung Malaysia, Sialang di Indonesia, dan Tapang di Sarawak. The Tualang Nama berasal dari kata-kata Melayu Tua - tua, dan Helang - elang.

Tualangs tumbuh sebagian besar di hutan hujan dataran rendah di mana mereka menara di atas kanopi. Seperti pohon-pohon hutan hujan yang paling tinggi memiliki besar menopang akar untuk mendukungnya berat badan. Hal ini karena sebagian besar nutrisi dalam tanah hutan hujan yang sangat dekat permukaan, sehingga akar menyebarkan besar lebih efektif daripada yang mendalam.

Tualangs tumbuh cabang di atas kanopi (sekitar 30 m) dan memiliki batang licin, yang membuat mereka menarik bagi raksasa madu lebah Apis dorsata yang menggantung mereka sisir besar dari cabang-cabang. Lebah melindungi pohon dari penebang, sebagai nilai dari madu adalah lebih tinggi dari kayu. Ada juga tabu menebang pohon di bagian Sarawak , dan hanya pohon ditebang secara alami (karena badai) adalah digunakan untuk kayu. 
Sumber : en.wikipedia.org

No comments:

Post a Comment