Ads 468x60px



Labels

Minggu, 28 Oktober 2012

Janur kuning

 Cara Membuat Janur

Seni merangkai janur dalam Masyarakat Jawa yaitu Dekorasi janur yang biasanya sering kita lihat dalam acara Panggih Manten, yang terdiri yaitu pembuatan Kembar Mayang, Gagar Mayang/Mayang Sari dan Umbul-umbul/penjor. Untuk mempelajari cara membuat janur pernikahan atau cara membuat janur kuning ini diperlukan ketelatenan, ketekunan dan niat untuk maju, jangan pantang menyerah sebelum bisa mendapatkan hasilnya, karena belajar merangkai janur memang susah susah gampang.

Alat alat :

  1. Pisau Kecil ( Pemes ) atau cutter.
  2. Steples.
  3. Isi Steples.
  4. Jarum Pentul.
  5. Paku.
  6. Benang Kasur.
  7. Janur ( 7 Papah ) untuk pembuatan kembar mayang, mayang sari dan umbul-umbul.
  8. Gedebog Pisang.
  9. Tempolong/Bokor.

Buah-buahan : 

  1. Semangka
  2. Nanas
  3. Jeruk
  4. Tomat
  5. Salak
  6. Pisang
  7. Wortel
  8. Lombok
  9. Slobor.

Bunga Hidup : 

  1. Kenikir
  2. Dahlia
  3. Aster
  4. Gladiol
  5. Persi
  6. Asparagus/hartek
  7. Sedap malam.

Jenis dekor janur:

  1. Kembar Mayang. Dalam acara resepsi pernikahan cara membuat janur Kembar Mayang ini dibuat 2 (dua) buah yang sama jenisnya, Kembar Mayang ini melambangkan bahwa Pengantin harus sama perasaan, hati dan kehendaknya nasalahnya 2 (dua) orang jadi satu. Bagian-bagian kembar Mayang adalah : Tatakan, Awak, Mahkota.
  2. Mayang Sari / Gagar Mayang. Mayang sari/gagar mayang adalah hiasan janur yang biasanya ditempatkan di samping kanan dan kiri kursi Pelaminan, biasanya cara membuat janur Mayang sari ini tingginya kira-kira 180 cm, jumlahnya 2 buah, bentuknya boleh sama dan boleh tidak tergantung selera sipembuat, dan pada bagian ujung atas dihias dengan dengan buah-buahan atau bunga hidup. Bagian bagian Mayang Sari / Gagar Mayang : Mahkota, Berisi hiasan kipas, buah-buahan/bunga hidup. Badan bagian atas, Badan bagian bawah ( berbentuk bulat ).  Tatakan bawah.
  3. Umbul umbul / Penjor. Umbul-umbul / penjor atau layur biasanya dipasang di depan rumah atau didepan gang masuk menuju tempat hajatan, Umbul-umbul ini sebagai pertanda bahwa disitu ada hajatan/ acara resepsi, Pada Prinsipnya cara membuat janur umbul-umbul ini sama prinsipnya dengan pembuatan Kembar mayang atau mayang sari, hanya bedanya terletak pada medianya saja, Kalau Umbul-umbul dibuat pada sebatang bambu yang panjangnya sampai ujung.
Sumber : http://cara-membuat.net

0 komentar:

Poskan Komentar

 

Dangdut Bahi

Loading...

Wali Band

Loading...

Artikel Blog

Dangdut RGS

Loading...

Dangdut Palapa

Loading...

Selamat Datang

Terima Kasih telah berkunjung di Blog Forkum Lubers "Sebase Seanengan"

Prayer Times

Daftar pengikut

Ragam Mengobrol

Dangdut Monata

Loading...

Dangdut Metro

Loading...

Tulisan Forkum Lubers