Wednesday, October 31, 2012

Minyak atsiri kenanga

Minyak Kenanga

Tanaman kenagan (Canangium odoratum) termasuk keluarga Anonaceae (kenanga-kenangaan). Pada umumnya berbatang besar sampai diameter 70 cm dengan tinggi mencapai 25 meter lebih. Meski begitu, juga bisa diusahakan sebagai tanaman hias dalam pot, dengan ketinggian maksimal 3 meter dan bertajuk lebar.

Daunnya tunggal setangkai, berbentuk bulat telur atau bulat telur memanjang, dengan pangkal daun mirip jantung dan ujung daun runcing. Panjang daun mencapai 10 – 23 cm, dan lebar 4,5 – 14 cm.

Penampilannya memang menarik. Bunganya berbentuk “bintang” majemuk, pendek, menggantung dan berwarna hijau ketika masih muda, dan menjadi kuning setelah masak. Bunganya memancarkan aroma harum. Bunga itu muncul pada batang pohon atau ranting bagian atas pohon, dengan susunan yang khas. Mahkota bunga umumnya berjumlah 6, namun terkadang berjumlah 8 atau 9, berdaging, terlepas satu sama lainnya, dan tersusun dalam 2 lingkaran yang masing-masing biasanya berjumlah 3. Benang sarinya banyak, dan ruang tempat sari berhubungan terdapat di ujung tangkai sari, berbentuk memanjang dan tertutup, berwarna cokelat muda. Jumlah bakal buah sekitar 7 – 15. Kepala putik berbentuk tombol.
Minyak kenanga atau yang bisa disebut juga cananga oil ini merupakan salah 1 jenis minyak atsiri yang digunakan dalam industri parfum. Proses pembuatan minyak kenanga terbuat dari bunga kenanga pilihan yang didestilasi menggunakan alat penyulingan yang terbuat dari stainless steel dan pipa kondensor yang terbuat dari kaca, lalu dimurnikan agar memperoleh hasil yang terbaik berupa minyak kenanga murni yang dapat digunakan untuk pemakaian sehari-hari maupun spa dan aromatherapy.




Kandungan utama dalam minyak yang berasal dari bunga kenanga ini adalah linalol, geraniol dan eugenol.

Minyak kenanga juga memiliki banyak manfaat bagi kehidupan sehari-hari. Anda dapat membaca berbagai manfaat dari minyak ini seperti yang telah kami rangkum di bawah ini:

Manfaat 

  • Sebagai komponen parfum dan kosmetik
  • Sebagai bahan pembuatan sabun
  • Untuk relaksasi
  • Bahan untuk lulur
  • dan masih banyak lagi
Sumber : http://minyakatsirionline.com

No comments:

Post a Comment