Sunday, October 14, 2012

Buah Nasi nasi





Orang Lubai menyebutnya buah Gelam tikus. Memang kayu masuk keluarga jambu-jambuan dan sangat mirip dengan pohon gelam (pohon kayu putih). Buah saat ini didaerah Lubai, hanyalah jadi kenang-kenangan saja. Tahun 1970 buah nasi-nasi sangat banyak tumbuh didaerah Lubai. Saat kami berladang didaerah Gumsuruman, desa Baru Lubai, kecamatan Prabumulih, kabupaten Muara Enim provinsi Sumatera Selatan. Pohon nasi-nasi tumbuh subur didekat ladang padi, keluarga penulis. 

Orang Prabumulih menyebutnya buah nasi-nasi (Syzigium zeylanicum, Eugenia zeylanica, Eugenia spicata). Barangkali karena warna buah yang putih nasi serta ukurannya yang kecil maka ia dinamai nasi-nasi. Ukuran tepatnya kira-kira sekecil kedelai. Mirip butiran bulat di-styrofoam. Sesemak tanaman nasi-nasi tumbuh di tepian sungai dan rawa-rawa. Dalam kenangan masa kecil saya, tanaman ini mengalami musim berbuah lebat pada saat musim air sungai dan rawa sedang banyak. Artinya, pada puncak musim penghujan. Apakah rumusan dalam ingatan ini tepat, tak pasti. Saya belum pernah melakukan pengamatan setelah masa kecil saya hilang. Yang pasti, sesemak tanaman nasi-nasi sendiri sudah banyak menghilang dari Prabumulih.




Tanaman buah sekaligus tanaman hias. Itulah nasi-nasi Syzygium buxifolium. Sosoknya cantik dengan buah mungil berwarna putih. Buah tumbuh bergerombol di ujung tajuk. Kontras dengan daun nan hijau pekat. Saat musim berbuah tiba, warna putih menyelimuti sekujur tajuk pohon. Sehingga menciptakan pemandangan yang indah. Buah yang menyembul di tajuk itu pun mengundang burung datang membuat suasana taman kian semarak. Kehadiran burung juga menguntungkan sebagai predator alami ulat.

Buahnya pun enak dimakan. Ketika dicecap, rasa manis dan segar langsung terasa di mulut. Daging buah matang empuk mirip jambu bol. Ketika mengkal, renyah. Buah tahan lama dan tidak gampang rontok sehingga cocok untuk tabulambot. Ia tergolong berbuah cepat. Tanaman dari biji mulai belajar berbuah pada umur 4 tahun. Sedangkan bibit asal cangkok berbuah lebih cepat, umur 2 tahun.
Keistimewaan lain, bagi pebonsai nasi-nasi bisa dijadikan bakalan. Percabangannya yang rapat dan berdaun kecil membuat nasi-nasi cocok sebagai bakalan bonsai. Ditambah lagi kulit batangnya yang mengelupas menghadirkan kesan tua. Pantas si putih nan elok dan enak itu kini diburu sebagai tanaman buah sekaligus tanaman hias.





1 comment:

  1. Pernah liat waktu masih kecil...

    Tau "pohon segemok" bentukny kyk apa ya?

    ReplyDelete