Saturday, October 13, 2012

Jali






Jali (Coix lacryma-jobi L.), merupakan sejenis tumbuhan biji-bijian (serealia) tropika dari suku padi-padian atau Poaceae. Asalnya adalah Asia Timur dan Malaya namun sekarang telah tersebar ke berbagai penjuru dunia. Beberapa varietas memiliki biji yang dapat dimakan dan dijadikan sumber karbohidrat dan juga obat. Bulir yang masak terbungkus struktur yang keras, berbentuk oval dan berwarna putih.

Ada dua varietas yang ditanam orang. Coix lacryma-jobi var. lacryma-jobi memiliki cangkang (pseudokarpium) keras berwarna putih, bentuk oval, dan dipakai sebagai manik-manik. Coix lacryma-jobi var. ma-yuen dimakan orang dan juga menjadi bagian dari tradisi pengobatan Tiongkok.
Walaupun sekarang jali nyaris tidak lagi dikonsumsi, tumbuhan ini masih dikenal orang, seperti dalam lagu gambang kromong "Jali-jali". Di perdagangan internasional ia dikenal sebagai Chinese pearl wheat (gandum mutiara Cina), walaupun ia lebih dekat kekerabatannya dengan jagung daripada gandum.

Jali (Coix lacryma-jobi L.) merupakan tanaman serealia asli Asia Timur dan Asia Selatan yang telah menyebar ke seluruh kawasan tropika lainnya. Tanaman ini sudah dibudidayakan sebagai tanaman serealia penting sejak 3000-4000 tahun yang lalu di India dan sejak 2000 tahun yang lalu di Cina. Kini, peran tanaman ini sebagai tanaman serealia utama telah digantikan oleh jenis-jenis tanaman lain.


Dikenal empat varietas jali. C. lacryma-jobi var. lacryma-jobi, biji semu keras, berbentuk ovoid, pipih pada satu sisi, merupakan tipe liar yang paling umum terdapat di mana-mana, termasuk di Timor. Biji semunya biasa dikumpulkan untuk diuntai menjadi kalung. C. lacryma-jobi var. monilifer Watt, biji palsu keras, berbentuk globose, pipih pada satu sisi, tumbuh di Birma dan India bagian Timur. C. lacryma-jobi var. stenoarpa (Stapf) Bulansa, biji semu keras, berbentuk cylindrical. C. lacryma jobi var. ma-yuen (Rumanet) Stapf, biji lunak, dibudidayakan secara pantropika. Dalam bahasa Inggris tanaman ini disebut job's tears, berasal dari bahasa Arab 'dumu Ayub' yang berarti air mata Ayub.
 
Sumber : http://tanamankampung.blogspot.com

No comments:

Post a Comment