Ads 468x60px



Labels

Sabtu, 13 Oktober 2012

Kemangi





Kemangi adalah terna kecil yang daunnya biasa dimakan sebagai lalap. Aroma daunnya khas, kuat namun lembut dengan sentuhan aroma limau. Daun kemangi merupakan salah satu bumbu bagi pepes. Sebagai lalapan, daun kemangi biasanya dimakan bersama-sama daun kubis, irisan ketimun, dan sambal untuk menemani ayam atau ikan goreng. Di Thailand ia dikenal sebagai manglak dan juga sering dijumpai dalam menu masakan setempat.
Kemangi adalah hibrida antarspesies antara dua spesies selasih, Ocimum basilicum dan O. americanum. Ia dikenal juga sebagai O. basilicum var. anisatum Benth. Aroma khasnya berasal dari kandungan sitral yang tinggi pada daun dan bunganya. Nama latin : Ocimum Basilicum L. Nama daerah : Kemangi; Kemangen; Surawung.


Morfologi

Terna, tinggi 60–70cm; batang halus dengan daun pada setiap ruas; daun berwarna hijau muda, bentuk oval. 3-4cm panjang, berambut halus di permukaan bagian bawah; bunganya berwarna putih, kurang menarik, tersusun dalam tandan, bila dibiarkan berbunga, maka pertumbuhan daun lebih sedikit dan tanaman cenderung cepat menua dan mati.

Deskripsi tanaman :

Tanaman ini merupakan jenis tanaman semak yang tegak dengan bau khas, tanaman ini bisa mencapai tinggi 1,5 meter. Bunganya berbibir berbentuk bulir warna putih dan merah muda. Bijinya apabila terkena air akan menggelembung seperti agar-agar. Habitat : Tanaman ini bisa tumbuh pada dataran rendah sampai ketinggian 1300 meter di atas permukaan laut. Bagian tanaman yang digunakan : dau. Kandungan kimia : Eugenol; Sineol; Metilkhavikol, Protein, Kalsium. Khasiat : Diaforetikum

Peringatan

Sebagai bagian dari keluarga selasih, kemangi dapat mengandung estragol, senyawa yang diketahui karsinogen (pemicu kanker) pada mencit. Walaupun pengujian efek pada manusia belum dilakukan.
tetapi dalam penelitian lebih lanjut dilakukan di India Daun kemangi berbeda dari keluarganya, Ocimum basilicum dan O. americanum sebagai hibrida kedua jenis selasih tersebut kemangi mengalami proses senyawa berlainan dan menghasilkan enzim Anti-karsinogen
peneliti tersebut memberikan makanan pada sekelompok hewan (bukan mencit ) dengan ekstrak kemangi, sedangkan hewan dalam kelompok kedua hanya diberi makanan biasa. Setelah 15 hari, hewan yang diberi ekstrak kemangi memiliki tingkat lebih tinggi dari enzim yang dikenal untuk menonaktifkan zat penyebab kanker dalam tubuh.

Manfaat Daun 

Berikut beberapa cara singkat dan mudah yang dapat anda manfaatkan dari sayuran ini adalah:

  1. Panu, segenggam daun kemangi cuci, tumbuk halus. Beri sedikit air kapur sirih. Gosokkan ramuan ini pada kulit yang berpanu. Lakukan ini 2X sehari.
  2. Sariawan, 50 helai daun kemangi dicuci bersih, kunyah sampai halus selama 2-3 menit. Telan. Minum air hangat. Lakukan ini 3x sehari.
  3. Mual, Teh yang dibuat dari daun kemangi dapat digunakan untuk mengatasi mual, disentri atau menurunkan panas (sebagai antipiretik). Caranya, satu sendok makan daun kemangi kering diseduh dengan setengah cangkir air lalu minum. Bila perlu tambahkan madu sebagai pemanis.
  4. Nafas tak sedap, untuk mengurangi bau nafas yang tak sedap, sering-seringlah makan lalapan daun kemangi, daun kunir dan beluntas.
  5. Bau Badan dan Keringat, Tumbuh halus daun, biji dan akar kemangi secukupnya, lalu seduh dengan air panas sebanyak saring air seduhan lalu tambahkan gula aren secukupnya. Minum air seduhan pada pagi dan malam hari.
  6. Ejakulasi dini, peluruh gas perut, peluruh haid, peluruh ASI, panas dalam dan sariawan, Rebus daun kemangi segar atau kering sebanyak 15 gram dalam 2 gelas air selama 15 menit. Minum dua kali sehari masing-masing ½ gelas. Dan jika anda merasa terganggu dengan serangan nyamuk di malam hari, abu kemangi bisa digunakan untuk menghalau serangan tersebut. Nah setelah membacanya tau sendirikan apa khasiat daun kemangi
Khasiat untuk Pria:
Kemangi ini mengandung zat aktif sineol dan arginine, khasiatnya mampu mengatasi ejakulasi permatur, melebarkan pembuluh kapiler, memperkuat daya tahan sperma dan mencegah kemandulan pada pria. Kandungan Apigenin fenkhona dan eugenol dalam kemangi juga dapat mempermudah ereksi.

Khasiat bagi wanita:
Bagi wanita, kemangi sangat berguna. Seluruh bagian tanaman ini kaya akan senyawa anetol dan boron yang mampu merangsang hormon estrogen. Senyawa eugenol yang dimilikinya juga mampu membunuh jamur penyebab keputihan. Selain itu zat stigmaasterol dalam kemangi dapat merangsang pematangan sel telur. Tannin dan seng mengurangi sekresi cairan vagina. Ada lagi zat triptofan yang dapat menunda menopause.

Sumber : wikipedia.id.org dan lainnya

0 komentar:

Poskan Komentar

 

Dangdut Bahi

Loading...

Wali Band

Loading...

Artikel Blog

Dangdut RGS

Loading...

Dangdut Palapa

Loading...

Selamat Datang

Terima Kasih telah berkunjung di Blog Forkum Lubers "Sebase Seanengan"

Prayer Times

Daftar pengikut

Ragam Mengobrol

Dangdut Monata

Loading...

Dangdut Metro

Loading...

Tulisan Forkum Lubers