Monday, October 15, 2012

Pisang Kepok



Pisang kepok di Filipina dikenalsebagai pisang saba, sedang di Malaysia dikenal dengan nama pisang nipah. Buahnya enak dimakan setelah diolah terlebih dahulu. Bentuk buahnya agak pipih sehingga kadang disebut pisang gepeng. Berat per tandan dapat mencapai 14-22 kg dengan jumlah sisir 10-16, setiap sisir terdiri dari 12-20 buah. Bila matang warna kulit buahnya kuning penuh.

Pisang kepok banyak jenisnya. Yang terkenal antara lain pisang kepok kuning. Pisang kepok putih warna dagingnya putih dan pisang kepok kuning warna dagingnya kuning.pisang kepok kuning mempunyai rasa yang lebih enak disbanding pisang kepok putih. Karenanya, pisang kepok jenis kuning lebih disukai.

Saya suka makan pisang : Pisang Muli, Pisang Kapas (Lilin), Pisang Kematu (Kepok), Pisang Rejebun (Ambon), Pisang Raje (Raja), Pisang Barangan, Pisang Sereh, Pisang Mas, Pisang Tanduk, Pisang Puan (Susu), Pisang Nangke (Nangka).
 
Khasiat Pisang 
  1. Diare bayi : Pisang kepok mentah, diiris-iris dan digoreng tanpa minyak, dimakan oleh ibu yang sedang menyusui bayi tersebut.
 

Kesan terhadap pisang Kepok

Tahun 1997 ayahanda kami Muhammad Ibrahim bin Haji Hasan, kenak penyakit perut kembung dan tidak dapat untuk melakukan buat hajat. Setelah melakukan pemeriksaan kedokter, disarankan untuk melakukan operasi. Ayahanda kami mengumpulkan anak-anaknya termasuk saya, tuntuk bermusyawarah tindakan apa yang paling kecil risikonya?

Apakah penyakit perut kembung yang dialami ayahanda kami, tidak dapat sembuh selain melakukan operasi. Dalam hal ini kami selanjutnya mencari informasi kesana kemari, akhirnya salah seorang kenalan ayahanda kami menyarankan agar memakan buah pisang kepok mentah-mentah.

Saran tersebut oleh ayahanda kami tersebut dilaksanakan, setelah dimakan pagi hari, siang dan sore pada besok paginya ayahanda kami telah dapat melakukan buang hajat dan perut kembungnya berangsur pulih. Demikian kesan saya terhadap khasiat pisang kepok. Selain dapat dibuat kolak, digoreng dapat juga menyembuhkan penyakit tidak dapat melakukan buang hajat.

Sumber :

No comments:

Post a Comment