Saturday, October 20, 2012

Kayu Manis



 

Daun dan bunga kayu manis
 
Kulit kayu manis atau lebih dikenal dengan nama yang kurang tepat kayu manis (Cinnamomum verum, synonym C. zeylanicum) ialah sejenis pohon penghasil rempah-rempah. Termasuk ke dalam jenis rempah-rempah yang amat beraroma, manis, dan pedas. Orang biasa menggunakan rempah-rempah ke dalam makanan yang dibakar manis, anggur panas.

Kayu manis adalah salah satu bumbu makanan tertua yang digunakan manusia. Bumbu ini digunakan di Mesir Kuno sekitar 5000 tahun yang lalu, dan disebutkan beberapa kali di dalam kitab-kitab Perjanjian Lama.

Kayu manis juga secara tradisional dijadikan sebagai suplemen untuk berbagai penyakit, dengan dicampur madu, misalnya untuk pengobatan penyakit radang sendi, kulit, jantung, dan perut kembung.
 

Spesies

Beberapa spesies kayu manis yang dijual dipasaran diantaranya ;
Cinnamomum verum (True cinnamon, Sri Lanka cinnamon atau Ceylon cinnamon).
C. burmannii (Korintje atau Indonesian cinnamon).
C. loureiroi (Saigon cinnamon atau Vietnamese cinnamon).
C. aromaticum (Cassia atau Chinese cinnamon).

Cinnamon Sri Langka sering kali hanya menggunakan kulit bagian dalam yang lebih tipis,lebih memiliki kesegaran,kurang padat,dan lebih beraroma dan lebih lembut dalam rasa daripada Cassia.Cassia memiliki rasa yang lebih kuat(sering lebih pedas) daripada Cinnamon Sri Langka dan umumnya berwarna merah kecoklatan sedang hingga ringan,keras dan bertekstur kayu,serta lebih tebal (2–3 mm (0.079–0.12 inch) dan menggunakan seluruh lapisan kulitnya.
 
Sumber : wikipedia.id.org

No comments:

Post a Comment