Sunday, October 14, 2012

Kayu Mehampuyan

 

Sinonim: Monoxora spectabilis (Blume) Wight, Myrtus globosa Korth, Myrtus smilacifolia Wall.., Myrtus spectabilis bunga Rhodamnia concolor Miq, Rhodamnia globosa (Korth.) bunga Rhodamnia nagelii Miq.., Rhodamnia spectabilis (Blume) Blume, Rhodamnia subtriflora bunga Rhodamnia trinervia var concolor (Miq.) Kurz, Rhodamnia trinervia var spectabilis (Blume) Pendek
Nama umum : Indonesia : andong, ki beusi, merampuyan, Siri Siri, Talinga (Borneo) Malaysia : mempoyan bukit, menkotan pinang, Myanmar : taung-kamyaing, Thailand khee tai, phae, ya waeng.

Klasifikasi
Kingdom: Plantae (Tumbuhan)
     Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
         Super Divisi: Spermatophyta (Menghasilkan biji)
             Divisi: Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
                 Kelas: Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil)
                         Ordo: Myrtales
                             Famili: Myrtaceae
                                 Genus: Rhodamnia
                                     Spesies: Rhodamnia cinerea Jack

Keterangan
Rata-rata kanopi pohon, hingga 37 m tinggi dari diameter setinggi dada dari 8 cm. Tanpa stipules. Daun sebaliknya, sederhana, tiga-kawat, bawah berbulu dan keputihan. Bunga sekitar 8 mm, putih-merah muda-kuning, diatur dalam axils daun. Buah sekitar 7 mm, merah muda-merah berry.
Habitat & Ekologi
Sering di tempat-tempat terbuka di dipterocarp campuran, Keranga, pesisir dan hutan submontane. Di perbukitan dan pegunungan dengan tanah berpasir miskin. Di hutan sekunder biasanya sisa dari negara sebelum gangguan.
Tinggi : sampai 1700m. dpl
Penyebaran  
Burma, Thailand, Semenanjung Malaya, Sumatra, Jawa, Kalimantan (di seluruh pulau), Filipina.
Kegunaan
Kayu yang digunakan untuk bangunan rumah dan furnitur. Kulit kayu mengandung pewarna yang digunakan untuk penyamakan. Daun dan akar yang kadang-kadang digunakan sebagai minuman untuk perawatan kelahiran. Buah dapat dimakan. 
 

No comments:

Post a Comment