Saturday, October 20, 2012

Keripik Kentang


Keripik kentang
Keripik kentang adalah potongan tipis kentang yang digoreng deep fried atau dipanggang sampai garing. Keripik kentang umumnya disajikan sebagai pembangkit selera (appetizer) atau makanan ringan (snack). Jenis komersial biasanya dikemas dalam kantong untuk dijual. Penyiapan keripik yang paling sederhana adalah dengan digoreng dan digarami, tapi para produsen dapat menambahkan berbagai jenis penyedap (umumnya menggunakan terna atau rempah, aditif buatan atau MSG). Keripik kentang adalah bagian penting dari pasar makanan ringan di negara-negara berbahasa Inggris dan banyak negara "barat" lainnya.

Tips Membuat Keripik Kentang Lebih Renyah : 
  1. Iris kentang sampai tipis transparan. Kentang yang diiris tebal maka jika digoreng tidak akan garing. Usahakan mengiris kentang sampai transparan. Gunakan pisau yang tajam agar pengirisan benar-benar sempurna tipis. Kemudian cuci sampai bersih.
  2. Rendam dalam air kapur sirih. Setelah dicuci bersih, rendam kentang dalam air kapur sirih selama 20 menit agar kentang lebih renyah. Hal ini dimaksudkan agar kulit kentang keras dan kuat sehingga jika digoreng akan garing dan renyak. Ingin lebih gurih lagi tambahkan garan dalam rendaman tadi secukupnya. Setelah itu goreng dan tiriskan sampai kering.
  3. Goreng kentang dua kali. Kentang digoreng dengan minyak yang banyak dan panas. Jangan memasukkan kentang terlalu banyak saat digoreng karena bisa menempel. Goreng sampai matang dan garing, lalu tiriskan. Setelah itu goreng lagi kenytang dengan minyak yang baru, panas, dan banyak. Kenapa memakai minyak baru? karena minyak yang telah digunakan untuk menggoreng tadi mengandung air dari kentang. Jadi, jika memakai minyak lama lagi, kentang akan lembek.
  4. Pilih kentang yang tua. Kentang yang tua kulit arinya tak mudah terkelupas. Sedangkan kentang yang masih muda masih banyak airnya, sehingga jika digoreng akan lembek.
Sumber : http://lintangkerti.blogspot.com

No comments:

Post a Comment