Friday, October 19, 2012

Nasi Tim

Nasi tim adalah hidangan Tionghoa Indonesia berupa nasi dan ayam berbumbu gurih yang dikukus. Dalam bahasa Indoneaia istilah "tim" mungkin berasal dari bahasa Inggris steam yang berarti dikukus. Bahan-bahannya adalah daging ayam tanpa tulang, jamur, dan telur ayam rebus, semuanya dibumbui bawang putih dan kecap asin. Bahan-bahan tersebut diletakkan di dalam mangkuk logam; dari bahan aluminium, baja tahan karat, atau kaleng. Mangkuk logam ini kemudian diisi nasi hingga padat, kemudian diletakkan di dalam panci pengukus, dan dikukus hingga matang. Masakan ini biasanya disajikan dengan sup bening kaldu ayam ditaburi daun bawang.

Meskipun umumnya menggunakan daging ayam, beberapa variasi menggunakan bahan lain seperti daging sapi, ikan. Nasi tim biasanya selalu diletakkan di dalam kukusan untuk menjaganya agar tetap hangat. Cara menyajikannya adalah; mangkuk logam tadi ditangkupkan di atas piring sehingga isi nasi tim tercetak di atas piring. Karena makanan ini selalu disajikan hangat, dalam kebuadayaan Tionghoa Indonesia hidangan ini adalah hidangan kenyamanan yang dianggap dapat memberi kehangatan dan memulihkan kesehatan. Karena teksturnya yang lembut dan halus, hidangan ini cocok untuk bayi, orang tua, atau orang sakit dalam masa pemulihan kesehatan. Biasanya nasi tim untuk bayi dibuat dari bahan beras merah dan hati ayam.

Sumber : wikipedia.id.org

Bahan:
400 gr beras, 1 ltr air, 1 sdt garam
1 ekor ayam buang kepala dan kakinya
2 btg daun bawang, potong 2 cm
100 gr bawang bombai iris kasar
200 gr jamur merang bersihkan, belah 2

Bumbu:
6 siung bawang putih
minyak goreng
3 sdm kecap asin, 1 sdt wijen
1/2 sdt lada halus, 1 sdt garam

Cara membuat:
  1. Rebus lunak ayam, daun bawang, bawang bombai, garam, ambil dagingnya, potong dadu, sisihkan air.
  2. Tumis 3 siung bawang putih sampai harum, masukkan potongan daging ayam dan jamur merang, tambahkan lada, kecap asin, minyak wijen, dan150 ml air kaldu aduk rata, angkat, sisihkan.
  3. Tumis harum sisa bawang putih, masukkan beras, aduk, tambahkan lada, kecap asin, aduk, angkat.
  4. Bagi tumisan daging menjadi 6 bagian. Masukkan masing-masing daging ayam dalam pinggan tahan panas, ratakan, Tambahkan beras, tuang kaldu ayam 100 ml pada tiap mangkuk, kukus hingga matang.
  5. Kuah Ayam (Didihkan kaldu ayam, beri lada, garam, tongcai, daun bawang masak hingga semua matang)
Bahan:
500 ml kaldu ayam
1/2 sdt lada halus
50 gr tongcai
2 btg daun bawang, iris halus
1 sdt garam
Sambal Cuka (Haluskan bawang putih, cabai rebus, bubuhi garam, cuka, gula pasir, air, aduk rata )

Bahan:
5 bh cabai merah rebus
3 siung bawang putih
1/2 sdt garam
1 sdt cuka
1 sdt gula pasir
25 ml air
Sumber : wikipedia.id.org

 

No comments:

Post a Comment