Saturday, October 13, 2012

Tebu

 

Tebu (Sacharum officinarum) adalah termasuk keluarga Graminae atau rumput-rumputan dan berkembang biak di daerah beriklim udara sedang sampai panas. Tebu cocok pada yang mempunyai ketinggian tanah 1 sampai 1300 meter di atas permukaan laut. Tebu (bahasa Inggris: sugar cane) adalah tanaman yang ditanam untuk bahan baku gula dan vetsin. Tanaman ini hanya dapat tumbuh di daerah beriklim tropis. Tanaman ini termasuk jenis rumput-rumputan. Umur tanaman sejak ditanam sampai bisa dipanen mencapai kurang lebih 1 tahun. Di Indonesia tebu banyak dibudidayakan di pulau Jawa dan Sumatra.
Untuk pembuatan gula, batang tebu yang sudah dipanen diperas dengan mesin pemeras (mesin press) di pabrik gula. Sesudah itu, nira atau air perasan tebu tersebut disaring, dimasak, dan diputihkan sehingga menjadi gula pasir yang kita kenal. Dari proses pembuatan tebu tersebut akan dihasilkan gula 5%, ampas tebu 90% dan sisanya berupa tetes (molasse) dan air.
Daun tebu yang kering (dalam bahasa Jawa, dadhok) adalah biomassa yang mempunyai nilai kalori cukup tinggi. Ibu-ibu di pedesaan sering memakai dadhok itu sebagai bahan bakar untuk memasak; selain menghemat minyak tanah yang makin mahal, bahan bakar ini juga cepat panas.
Dalam konversi energi pabrik gula, daun tebu dan juga ampas batang tebu digunakan untuk bahan bakar boiler, yang uapnya digunakan untuk proses produksi dan pembangkit listrik. Di beberapa daerah air perasan tebu sering dijadikan minuman segar pelepas lelah, air perasan tebu cukup baik bagi kesehatan tubuh karena dapat menambah glukosa. salah satu tempat yang menjual es tebu yatu di seputaran Jember.

Kandungan

 

Selain sebagai bahan baku pembuat gula, tebu dapt dimanfaatkan untuk membuat vetsi. Vetsin adalah nama lain Mononatrium glutamat, kita lebih familiar menyebutnya sebagai monosodium glutamat; disingkat MSG. MSG adalah garam natrium dari asam glutamat. Berfungsi sebagai penyedap rasa. Satu ion hidrogen (dari gugus —OH yang berikatan dengan atom C-alfa) digantikan oleh ion natrium. Merek dagang dari mononatrium glutamat termasuk Ajinomoto, Vetsin, Miwon, Sasa dan Accent.
Sumber : (http://id.wikipedia.org
 

 

Beberapa manfaat si manis tebu ini :

  1. Melawan Kanker Payudara. Tebu mempunyai sifat alkali yang bisa membantu melawan kanker payudara dan prostat. Caranya : Konsumsi secara periodik air tebu murni.
  2. Menguatkan Gigi dan gusi. Caranya : Minum air tebu murni yang telah di beri air jeruk nipis dan garam secukupnya. Hal ini dapat membantu menguatkan gigi dan gusi.
  3. Mengobati Mimisan. Caranya : Potong - potong bagian tebu yang paling ujung ( puncaknya ) secukupnya dan rebus dengan air secukupnya hingga mendidih. Tambahkan sedikit garam dan gula jawa. Setelah dingin saring dan minum airnya.
  4. Mengobati Masuk Angin. Caranya : Rebus 3 helai daun tebu dengan air secukupnya hingga mendidih, setelah dingin saring dan minum airnya 3 kali sehari.
  5. Mencegah Stroke. Dengan mengkonsumsi air tebu secara teratur dapat membantu menjaga metabolisme tubuh akibat kekurangan cairan karena kegiatan yang kita lakukan, sehingga bisa membantu menghindari stroke.
  6. Meredakan jantung Berdebar.  Caranya : Rebus 3 genggam akar tebu hitam dengan 2 gelas air sampai tersisa setengahnya. Setelah dingin saring dan minum 2 kali sehari.
  7. Meredakan Panas Tubuh. Caranya : Minum air perasan tebu hitam secukupnya, air tebu hitam dapat membantu menurunkan suhu badan kita.
  8. Mengobati Batuk. Caranya : Peras 5 ruas tebu hitam dan minum airnya.
Sumber : berbagai website 

No comments:

Post a Comment