Saturday, October 13, 2012

Uwi Kelapa

 



 Uwi kelapa (Dioscorea alata L. sin. D. atropurpurea Roxb., D. purpurea Roxb., D. sativa Del.) tersebar luas di kawasan Asia tropika dan pertama kali dibudidayakan di Indonesia. Di Timor Barat terdapat tersebar, dibudidayakan sebagai tanaman ladang atau tanaman pekarangan.

Uwi kelapa mempunyai umbi dengan bentuk tidak beraturan dan dengan banyak akar kasar di bagian pangkal batang. Daging umbi berwarna putih, krem, atau ungu cerah. Batang ...
muda bersegi empat dan bersayap. Daunnya berbentuk jantung, bertulang 5-7 termasuk tulang daun utama. Tangkai daun bersemu kemerahan di bagian pangkal dan dasar daun. Uwi ini menghasilkan umbi udara yang berukuran kecil. Dalam bahasa Inggris disebut water yam, winged yam, atau purple yam.

Uwi kelapa merupakan tanaman melilit yang tumbuh pada musim hujan dan kemudian mengering pada musim kemarau. Batang dapat mencai panjang lebih dari 10 m, bercabang banyak, dengan pucuk muda dan pangkal tangkai daun berwarna ungu bersemu merah. Daun berbetuk jantung, duduk berhadapan, bertangkai panjang, panjang sampai 20 cm. Bunga bjantan berbentuk malai dengan panjang sampai 30 cm, terbentuk pada ketiak daun, terdiri atas banyak bunga tunggal berukuran kecil, bunga betika berbentuk spike dan ukuran yang lebih kecil, bunga jantan dan betina terbentuk pada tanaman yang berbeda. Buah berupa buah kapsul beruang tiga yang di dalamnya terdapat biji bersayap. Uwi kelapa menyerupai uwi umbi udara (D. bulbifera), tetapi uwi umbi udara mempunyai umbi dalam tanah yang berukuran lebih kecil, daun yang duduk berselang-seling, dan menghasilkan lebih banyak umbi udara.

Tanaman uwi kelapa tumbuh selama 8-10 bulan, dimulai pada awal musim hujan, dan selanjutnya mengering. Pada musim hujan berikutnya, tanaman muda akan tumbuh kembali dan kemudian kembali mengering pada musim kemarau. Ukuran ukbi pada saat panen bergantung pada berapa kali tanaman uwi kelapa dibiarkan tumbuh, mengering, tumbuh dan mengering kembali. Karakteristik pertumbuhan demikian ini memungkinkan  uwi kelapa dapat berperan sebagai lumbung hidup.

 

No comments:

Post a Comment